get app
inews
Aa Read Next : GPM di Dinas Pertanian Sumba Timur, Warga Pembeli Wajib Celupkan Jari ke Tinta Seperti saat Pemilu

TNI AD Kodim 1601 Serbu Pasar Inpres Matawai Waingapu, Sejumlah Elemen Turut Terlibat

Jum'at, 08 Desember 2023 | 19:17 WIB
header img
pasikan TNI AD dari Kodim 1601 Sumba Timur 'serbu' Pasar Inpres Matawai, kota Waingapu. Berkolaborasi dengan sejumlah elemen, aksi bersih - berish lingkungan dilaksanakan di pasar terbesar se-Pulau Sumba itu - Foto : iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Pasukan TNI dari Kodim 1601 Sumba Timur ‘serbu’ Pasar Inpres (Paris) Matawai, Kota Waingapu, Jumat (8/12/2023) pagi hingga menjelang siang. Nampak di pelataran dan hampir setiap sudut pasar terbesar di Pulau Sumba itu sosok tubuh tegap, penuh tenaga berbalut seragam loreng menjalankan aktivitasnya walau tanpa dibekali senjata.

Berbekal peralatan seperti sekop, pengggaruk, karung dan peralatan pendukung lainnya, anggota TNI AD berjibaku dengan selokan dan aneka sampah yang menjejali pasar. Aksi simpatik itu ternyata tidak dilakukan sendiri namun melibatkan sejumlah elemen yang dipimpin langsung oleh Dandim 1601 Sumba Timur Letkol Arh Doman Endro Pramono.

Nampak pula Sekda Sumba Timur, Umbu Ngadu Ndamu dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Marolop Simanjuntak dalam aksi bersih – bersih pasar itu. Pasukan kuning dari DLH, Dinas PUPR, BPBD,Pol PP, Polres, TNI AU , TNI AL bahu membahu dengan warga dan sejumlah pedagang pasar membersihkan lingkungan pasar.

“Kegiatan bersih – bersih ini dilaksanakan serentak hingga ke tingkat koramil. Dan rencananya akan dilaksanakan rutin oleh kami dari unsur TNI AD,” tukas Dandim 1601 Sumba Timur Letkol Arh Doman Endro Pramono pada iNews.id.

Dandim  yang saat itu didampingi Sekda dan Kadis Lingkungan Hidup itu lebih lanjut menjelaskan alasan pihaknya memilih pasar sebagi target pertama aksi bersih – bersih lingkungan. Menurutnya, pasar tradisional identik dengan massa yang padat melakukan kegiatan ekonomi.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut