get app
inews
Aa Read Next : Gelar 2 Kali Operasi, 14 Sepeda Listrik Terjaring Penertiban Satlantas Polres Sumba Timur

Ada Kendaraan Siluman di Sumba Timur, Tidak Berisik tapi Mengejutkan!

Sabtu, 22 Juli 2023 | 06:00 WIB
header img
Warga diberikan pemahaman secara simpatik terkait penggunaan sepeda listrik di jalan umum. Kanit Gakkum Aipda Oswaldus Susu dan KBO Satlantas Polres Sumba Timur, Ipda Rauta Ubini Kuri di studio Radio Max FM - Waingapu - Foto Kolase : Antara/iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Maraknya pengguna sepeda listrik di Kota Waingapu, kini terus dicermati oleh aparat Polres Sumba Timur, khususnya Satlantas. Hal itu seiring banyaknya masukan informasi dari masyarakat terkait kendaraan ini tidak berisik tapi mengejutkan. Bahkan Kanit Gakkum Satlantas setempat dengan berseloroh menyebutnya sebagai kendaraan siluman.

“Memang kendaraan sepeda listrik juga motor listrik itu macam kendaraan siluman. Kita tidak dengar bunyinya tapi tiba – tiba sudah ada di belakang atau depan, bisa pula samping kita,” ungkap Kanit Gakkum Satlantas Polres Sumba Timur, Aipda Oswaldus Susu dalam perbincangan  lepas di pelataran studio Radio Max FM – Waingapu, Jumat (21/7/2023) siang lalu.

Sebelumnya Oswaldus Susu yang mendampingi KBO Satlantas Polres Sumba Timur, Ipda Rauta Ubini Kuri yang akrab disapa Nathan itu dalam acara Ngobrol bareng Kapolres di Studio Radio Max FM – Waingapu, juga menegaskan bahwa sepeda listrik yang kini marak digunakan warga termasuk anak – anak tidak dilarang namun dengan catatan.

“Terkait sepeda listrik saya bisa buka bahwa moda transportasi itu tidak dilarang kalau di tempatnya. Yang jadi problemanya kalau tidak di tempatnya pasti kami larang. Jadi ini mengacu pada peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 45 tahun 2020,” tegas Oswaldus.

Peraturan Menteri Perhubungan dimaksud, urai Oswaldus lebih lanjut menjelaskan bahwa kendaraan tertentu dengan menggunakan penggerak motor listrik itu terdapat pada pasal 5. Dimana sebut dia, penggunanya bisa mengoperasikannya di lajur atau jalur khusus atau kawasan tertentu.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut