get app
inews
Aa Read Next : Jangan Lewatkan, Besok di Kota Waingapu Ada Karnaval Selebrasi Paskah Oikumene

Waduh, Jalan Nasional di Sumba Timur Belum Layak Masuk Kelas 3

Jum'at, 07 Juli 2023 | 12:31 WIB
header img
Salah satu lokasi pekerjaan pada proyek preservasi Jalan Nasional di Sumba Timur - Foto : Dion. Umbu Ana Lodu

SUMBA TIMUR, iNewssumba.id – Secara umum ruas jalan nasional di Kabupaten Sumba Timur, NTT masih jauh dari standarisasi jalan nasional kelas I. Jangankan kelas 1 masuk ke kelas 3 saja belum layak. Demikian diungkapkan Ferdinand Luntungan, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.5 pada Satuan Kerja PJN Wilayah I Provinsi NTT pada iNews.id  di kantornya pekan lalu.

“Kelas Jalan Nasional di Sumba Timur khususnya ruas Waingapu – Melolo, Melolo - Baing itu jangankan kelas 1 kelas 3 saja tidak masuk. Kenapa saya bilang begitu karena dimensinya belum masuk, baru 4 ½ belum 5 1/2 , selain itu strukturnya juga belum disesuaikan,” tandas Ferdinand.

Sayangnya, sebut Ferdinand lebih lanjut jalan itu harus menanggung beban yang diluar dari kemampuan kelas jalan itu sendiri. Dimana karena kebutuhan investasi dilalui secara kontinyu oleh kendaraan dengan bobot dan muatan berat yang bahkan di atas dimensi.

“Bayangkan saja, kelas jalan seperti itu maksimal kendaraan yang berjalan di atasnya dari sisi dimensi maksimal tingginya 4,2 meter. Tapi kita lihat yang lewat lebih dari itu, termasuk yang angkut batu bara untuk ke Pabrik Gula misalnya, dump truck pengangkut batu bara itu ada ukurannya sebenarnya, tapi justru yang diangkut ekstra atau lebih dari tinggi back pengangkutnya sampai 60 centimeter, kerugiannya adalah dampak yang ditumbulkan ke depan adalah kerusakan jalan,” paparnya.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut