Logo Network
Network

Air Terjun Koalat Maidang, Pesona di Balik Cadas dan Sabana Sumba Timur

Dion Umbu Ana Lodu
.
Kamis, 06 Juli 2023 | 06:00 WIB
Air Terjun Koalat Maidang, Pesona di Balik Cadas dan Sabana Sumba Timur
Pesona di balik cadas dan sabana Sumba Timur, Air Terjun Koalat di desa Maidang, - Foto : Dion. Umbu Ana Lodu

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Hamparan padang sabana dan perbukitan dengan rerumputan khasnya mendominasi alam kabupaten Sumba Timur, NTT. Juga tentunya cadas dan karng khasnya. Terik dan terik niscaya miliki durasi lebih panjang dilalui warga saban tahunnya. Namun tetap ada pesona dan eksotika tersendiri untuk dijadikan tempat berwisata, satu diantaranya adalah Air Terjun Koalat di Desa Maidang, Kecamatan Kambata Mapambuhang.

Untuk mencapai lokasi ini tentunya dibutuhkan fisik prima juga kendaraan bermotor yang mumpuni.  Perlu waktu sekira 2 jam perjalanan untuk tiba di lokasi air terjun Koalat. Lebih kurang 60 kilometer jarak yang harus ditempuh, perpaduan antara jalan beraspal dan pengerasan yang tentunya melintasi perbukitan dan hamparan sabana khas Sumba Timur.

Pengunjung juga harus siap berjalan kaki lebih kurang 20 menit dari lokasi parkir untuk tiba di titik terdekat dengan air terjun Koalat. Namun yakinlah, rasa letih dan penasaran akan hilang dan terbalas tuntas begitu mendekati lokasi wisata air terjun yang gemerisiknya menjanjikan kesejukan, begitu mata terpantul kilau kejernihan airnya.

Air yang membuncah di balik batuan cadas khasnya sontak melepas kepenatan, dan justru memberikan energi baru untuk mengakrapi, menjelahi dan menyelaminya. Batuan cadas dan lubang – lubang dengan semburan airnya yang deras memang indah untuk dinikmati. Namun bagi pengunjung tetap harus ekstra waspada, apalagi jika bersama anak – anak, aktifitas mereka mutlak untuk dikontrol karena curam dan licinnya bebatuan.

Follow Berita iNews Sumba di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini