get app
inews
Aa Read Next : Bimtek dan Pembekalan Caleg Se - Pulau Sumba di Waingapu, Ini Target DPW PKB NTT

Pulau Sumba Wajib Waspadai Virus Rabies, Flores dan Timor Sudah Terjangkit

Sabtu, 24 Juni 2023 | 05:15 WIB
header img
Anjing jadi salah satu Hewan Pembawa Rabies - Foto : Antara

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Seluruh elemen masyarakat di Pulau Sumba wajib tingkatkan kewaspadaan terhadap virus rabies. Pasalnya 2 pulau besar di Propinsi NTT yakni Pulau Timor dan Flores telah terjangkit virus yang dominan tersebar oleh ternak anjing peliharaan maupun anjing liar.

Pentingnya kewaspadaan yang diawali dengan langkah pencegahan sedini mungkin itu jadi intisari yang mengemuka dalam Forum Group Discussion bertemakan ‘Peningkatan Kewaspadaaan Terhadap Penyakit Rabies di Pulau Sumba’. Diskusi itu dipimpin dan dipandu oleh Kepala Balai Karantina Pertanian Kupang - NTT, Yulius Umbu Hunggar dilaksanakan di restoran 77, Kampung Bugis, Kota Waingapu, Sumba Timur, Jumat (23/6/2023) siang lalu.

Kasus rabies kini wajib jadi pencermatan semua pihak. Yang mana kian jadi perhatian terkit kasus yang terjadi bulan Mei lau di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Dari awalnya hanya 1 desa yang diisolir dan terjangkit pada 1 Kecamatan, kini telah meluas hingga 26 Kecamatan,” ungkap Umbu Hunggar.

Dalam diskusi yang dihadiri oleh sejumlah elemen seperti Polres dan Kodim Sumba Timur, KP3 laut, Pelindo dan Syahbandar Waingapu, Dinas Peternakan, Karantina, Wartawan dan elemen lainnya itu juga terungkap bahwa, kasus rabies yang terjadi di TTS telah mengakibatkan 400 orang harus jalani perawatan dan pengobatan.

“Tahun 1997 kasus rabies pernah terjadi dan menyerang Pulau Flores, kini di Pulau Timor. Syukur kita di Sumba masih hijau. Namun itu jangan buat kita semua lengah namun hendaknya kita optimalkan pencegahan masuknya Hewan Pembawa Rabies atau HPR dari luar Sumba,” tandas Umbu Hunggar.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut