get app
inews
Aa Read Next : Kebakaran di Kampung Adat Wainyapu, 20 – an Rumah Ludes Dilahap Jago Merah

Kampung Adat Wainyapu, Menara Ilalangnya Mencakar Langit, Kubur Megalithnya Mengukir Bumi

Sabtu, 01 April 2023 | 22:44 WIB
header img
Kampung adat Wainyapu, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT - Foto : Istimewa

Kampung ini dihuni oleh ratusan warga 12 suku, yang tersebar pada 57 unit  rumah adat. Atap ilalang dan menjulang tinggi rumah adat di perkampungan ini, sejatinya ditopang oleh 4 tiang utama. Ke - 4 tiang utama berukir itu berdiri kokoh  di tengah rumah. Uniknya, di tengah ke - 4 tiang inilah tungku atau dapur berada.

Di sekitar ke-4 tiang itupula benda-benda pusaka dan upacara di simpan. Jika beruntung, pengunjung  yang datang bisa memperoleh hiburan ekstra berupa penabuhan gong dan tambur oleh penghuni kampung yang sedang bersukaria.


Kuburan megalith di sisi rumah adat padfa Kampung adat Wainyapu,, Kabupaten Sumba Barat Daya - Foto : Dion. Umbu Ana Lodu

 

 

Aksesoris lainnya yang bisa ditemui di dalam rumah adalah tanduk kerbau dan rahang babi yang dipajang di dinding dan di bawah atap ilalang.

Tak hanya menara  yang mencakar langit, perkampungan yang konon telah ada sejak abad 15 silam ini, juga di padati oleh ratusan kubur batu yang seakan mengukir bumi pertiwi dan mempertontonkan kejayaan era megalithikum di Pulau Sumba yang masih bertahan hingga kini.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut