get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Sumba Timur Sebut Program One Village, One Forest Bukti Keseriusan Sikapi Krisis Ekologis

WALHI dan Komunitas Uma Kokur Sumba Timur Bersinergi Produksi Minyak Kelapa Murni

Sabtu, 11 Maret 2023 | 21:12 WIB
header img
Sejumlah anggota Komunitas Uma Kokur, Desa Tanamanang bersama Dedy F. Holo (kaos putih) dari WALHI NTT berpose bersama dengan hasil produksi di tangan masing - masing-Insert : sebagian sampel hasil produksi - Foto : iNewsSumba.id

“Buat masakan lebih enak dan tentu wangi alami serta tak kalah gurih, jika menggunakan minyak goreng produksi kami,” timpal Rambu Rolin.


Sampel minyak goreng VCO hasil karya Komunitas Uma Kokur yang dihasilkan secara alami di Desa Tanamanang, Kabupaten Sumba Timur - Foto : Dion. Umbu Ana Lodu/iNewsSumba.id
 

 

Untuk diketahui sejak awal dibentuknya Komunitas Uma Kokur ini, WALHI NTT selalu memberikan dukungannya. Hal serupa juga diberikan oleh Pemerintah Desa setempat.

“Kami mendapatkan dukungan peralatan berupa mesin pemarut, pemerah santan ddan perlatan pendukung lainnya dari WALHI lewat Dana Nusantara di Jakarta Pusat,” imbuh Umbu Arnold.

Adanya penghasilan dan kesibukan tambahan para nggota Komunitas Uma Kokur inipun diakui manfaatnya. Apalagi tidak menggangu aktiftas sebelumnya yang telah lama dijalankan.

“Sebelum komunitas ini terbentuk, selain aktifitas rutin rumah tangga yaa saya menenun kain. Dengan adanya aktifitas ini justru manfaat bagi kami, waktu kami bisa optimalkan juga bisa tambah penghasilan kami. Apalagi sekarang ini, minyak goreng dan bahan sembako masih tegolong tinggi,” beber Rambu Rolin diamini anggota komunitas lainnya.

Dedy F. Holo, dari Divisi Sumber Daya Alam (SDA) WALHI NTT, menyatakan tahap ini memang masih terbatas pada 1 komunitas yang didampingi. Namun telah sangat nampak potensinya yang cukup mendukung seperti ketersediaan bahan baku yang cukup.

“Yang pasti kami akan terus berikan dukungan, kami juga harapkan ke depan baik institusi pemerintah dan swasta dan juga bisa melakukan hal serupa. Yang kami lakukan di sini adalah mendorong dan memberdayakan masyarakat dengan potensi yang ada terkhususnya sekitar atau dari wilayah kelola rakyat,” tandas Dedy.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut