get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Sumba Timur Sebut Program One Village, One Forest Bukti Keseriusan Sikapi Krisis Ekologis

WALHI dan Komunitas Uma Kokur Sumba Timur Bersinergi Produksi Minyak Kelapa Murni

Sabtu, 11 Maret 2023 | 21:12 WIB
header img
Sejumlah anggota Komunitas Uma Kokur, Desa Tanamanang bersama Dedy F. Holo (kaos putih) dari WALHI NTT berpose bersama dengan hasil produksi di tangan masing - masing-Insert : sebagian sampel hasil produksi - Foto : iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.idWahana Lingkungan Hidup (WALHI) NTT bersinergi dengan Komunitas Uma Kokur di Desa Tanamanang, Kecamatan Pahunga Lodu, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Sinergitas itu diharapkan bisa meningkatkan perekonomian rumah tangga para anggota komunitas melalui produksi dan penjualan minyak kelapa murni dan minyak goreng sehat.

Arnoldus Yansens Bulu, ketua Komunitas Uma Kokur, kepada iNewsSumba.id menjelaskan, September 2022 lalu menjadi awal terbentuknya komunitas itu.

“Desa kami ini banyak kelapa hanya saya melihat tidak optimal pemanfaatannya. Padahal jika diolah dengan baik dan mau menyisihkan waktu, nilai keekonomian kelapa bisa ditingkatlkan,” ungkap Arnoldus yang akrab di sapa Umbu Arnold itu di sekretariat komunitas itu beberapa hari lalu.

Untuk saat ini jelas Umbu Arnold lebih lanjut, kelapa diolah oleh 15 anggota komunitas menjadi minyak goreng dan juga minyak kelapa murni atau Virgin Cocunut Oil (VCO). Selain itu, khusus untuk sisa perasan santan yang sebelumya dimasak menjadi minyak goreng, juga diolah menjadi sambal untuk dinikmati anggota keluarga para anggota komunitas.

“Kalau minyak goreng kami pasarkan di dalam dan di luar desa, begitu juga untuk VCO. Sementara kalau sambal masih untuk konsumsi sendiri para anggota komunitas, ke depan seiring dengan meningkatnya produksi tentu bisa juga dipasarkan,” jelasnya.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut