get app
inews
Aa Read Next : Curi Kain Tenun Ikat Sumba di Wangga, Yanus Diburu dan Ditembak Aparat di Wewewa

Polsek Lewa Sumba Timur Ungkap Pencurian dan Jual Beli Ternak Curian, 2 Pelaku Dibekuk

Kamis, 09 Maret 2023 | 09:54 WIB
header img
UT dan UT dau warga terduga pencuri ternak sapi saat diamankan di Polsek Lewa, Kabupaten Sumba Timur dan rumah tempat satu ekor sapi barang bukti di temukan - Foto : iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Jajaran reskrim polsek Lewa kembali mengungkap kasu pencurian ternak (Curnak) di wilayah hukumnya. Kali ini dua terduga pelaku berhasil dibekuk dan ditahan guna menjalani proses hukum lebih lanjut.

Kapolres Sumba Timur AKBP Fajar WLS melalui Kapolsek Lewa Ipda Muhammad Andi Fayet didampingi Aipda Juan Pablo selaku Kanit Resktim Polsek kepada iNewsSumba.id, Kamis (9/3/2023) pagi lalu mengatakan pengungkapan kasus itu merujuk laporan Kanda Tengguwali alias Bapa Uhing (54). Dimana pada sekitar akhir bulan Januari 2023 sekitar jam 15:00 WITA silam bertempat di padang gembalaan Karada yang berada di wilayah kampung Praibakul, desa Praibakul, Kecamatan Katala Hamu Lingu, kehilangan 2 ekor sapi.

“Pelapor mengetahui kalau 2 ekor sapi miliknya hilang dan tidak bergabung dengan kawanannya saat dilepas di padang gembalaan Karada. Selanjutnya pelapor bersama keluarganya melaporkan ke aparat desa setempat serta lakukan pencarian,” jelas Andi Fayet.

Upaya pencairan itu memakan waktu sebulan dan pada Sabtu (4/3/2023) sekira jam 22:00 WITA, pelapor mendapatkan informasi dari salah seorang warga yang menyatakan melihat 1 ekor sapi yang terikat di bawah kolong rumah salah satu warga yang kemudian diduga kuat sebagai pelaku.

“Terkait hal atau informasi itu, pelapor bersama warga dan aparat desa setempat melakukan pengecekan dan ternyata benar hewan sapi yg diikat adalah miliknya pelapor. Namun kondisi salah satu kaki ternak luka sampai putus bagian kakinya dan terdapat perubahan cap besi pada tubuh sapi itu. Walau begitu, pelapor mengenali hewan sapi itu adalah miliknya karena terdapat bekas lama dari cap besi kepemilikannya. Untuk cap besi yg dirubah juga nampak masih baru karena masih terdapat luka pada bekasnya,” urai Andi Fayet.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut