get app
inews
Aa Read Next : Warga Kambera dan Waingapu Antusias Ikut Pencoblosan, TPS Khusus Lapas Juga Tidak Ketinggalan

Cafe Janji Bui Berbentuk Kapal Segera Dibuka di Kawasan Lapas Kelas II B Waikabubak Sumba Barat

Selasa, 28 Februari 2023 | 12:33 WIB
header img
Cafe Janji Bui,unik karena berbentuk Kapal dan berada di kawasan Lapas Kelas II B Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat. Insert ; Kalapas Kelas II Waikabubak Yohanis Varianto. - Foto : IST

SUMBA BARAT,iNewsSumba.id - Jika anda melewati jalan Trans Sumba melewati Kabupaten Sumba Barat, mari singgah di Cafe "Janji Bui" yang merupakan hasil buah pikiran Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II B Waikabubak, Yohanis Varianto.

Hal ini disampaikannya saat berbincang dengan iNews.id di sela- sela kegiatan Workshop kegiatan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Pembangunan Zona Integritas (ZI) berlangsung di Hotel Neo Aston, Senin (27/2/2023).

Dimana cafe unik berbentuk kapal ini sangat direkomendasikan bagi anda untuk beristirahat dan juga berfoto dan diabadikan di media sosial anda sambil menikmati menu lokal khas Sumba seperti kopi dan kacang sumba.

Menurut Varit sapaan akrabnya, ide awal pembuatan cafe berbentuk kapal ini saat ia melihat lahan tidur di depan lapas, muncul ide di kepalanya membuat lahan holtikultura, lalu karena lokasinya sangat indah, ia membuat kapal kecil sebagai tempat nongkrongnya bersama para pegawai lapas, dan dari obrolan mereka inilah muncul gagasan membuat cafe berbentuk kapal besar berbahan bambu ini.

"Ide ini sebenarnya muncul begitu saja, saat saya melihat lahan tidur (pepohonan dan rerumputan) kami mulai membuat lahan holtikultura, sayur dan lain- lain dan kami mulai nongkrong di lokasi tersebut. Awalnya kami cuma buat kapal kecil, tapi kemudian kami punya gagasan kenapa tidak di buat cafe saja yang unik dan berbentuk kapal, jadi bersama warga binaan saya kumpulkan mereka dan kami kolaborasi membangun kapal ini,” jelasnya.

Adapun lanjut Varit, seluruh bahannya ramah lingkungan karena berasal dari bambu. Bambu dipilih karena cukup melimpah dan kebanyakan dipakai hanya untuk pagar. Padahal bisa dipakai untuk aneka bentuk kerajinan dan kreatifitas lainnya.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut