get app
inews
Aa Read Next : Tagar Eliezer Adalah Kita Serta Karangan Bunga Jejali PN jelang Vonis Bharada E

Breaking News : Sambo Divonis Mati, Putri Candrawathi 20 Tahun Penjara, Keluarga Joshua Puas

Senin, 13 Februari 2023 | 20:25 WIB
header img
Kolase Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi - Foto : Reuters dan Antara

 JAKARTA, iNewsSumba.id – Ferdy Sambo terdakwa pembunuhan berencana atas Brigadir Joshua Hutabarat divonis mati oleh majelis hakim ON Jakarta Selatan Senin (13/2/2023). Mantan Kadiv Propam Mabes Polri itu dinilai sah dan meyakinkan melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Joshua.

Dalam melakukan aksinya Ferdy Sambo tidak sendiri namun bersama-sama dengan Putri Candrawathi, Kuat Ma'ruf, Ricky Rizal dan Bharada E.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Ferdy Sambo dengan pidana mati," kata ketua majelis hakim Wahyu Iman Santoso saat sidang vonis di PN Jakarta Selatan, Senin (13/2/2023). Tidak ada satupun alasan yang bisa dipakai untuk menjadi bahan pertimbangan hakim memberikan keringanan.

Hakim menyatakan Sambo terbukti melanggar Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 56 ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).
 

Usai Sambo, isterinya Putri Candrawathi, yang juga terdakwa dalam kasus itu divonis 20 tahun penjara.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Putri Candrawathi dengan pidana 20 tahun penjara," tandas Wahyu ketua majelis hakim saat sidang vonis di PN Jakarta Selatan, Senin (13/2/2023).  Mantan Bendahara Bhayangkari itu  juga disebut terbukti melanggar Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 56 ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Dengan vonis itu berarti Putri mendapatkan hukuman lebih berat dari tuntutan jaksa yang hanya 8 tahun penjara.

Atas vonis untuk Sambo dan Putri itu, Rosti Simanjuntak, ibunda Brigadir Joshua bersama tim kuasa hukumnya menyatakan puas dan berterima kasih atas keadilan masyarakat yang ditegakkan. Semua itu kata ibunda Joshua adalah bukti kasih dan kebesaran Tuhan.

artikel ini telah tayang di https://www.inews.id/news/internasional/media-asing-soroti-vonis-hukuman-mati-ferdy-sambo

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut