get app
inews
Aa Read Next : Jangan Lewatkan, Besok di Kota Waingapu Ada Karnaval Selebrasi Paskah Oikumene

Sikapi Potensi Bencana, Unkriswina Sumba Bentuk Tim Tanggap Bencana dan Perubahan Iklim

Senin, 30 Januari 2023 | 09:42 WIB
header img
Cuaca buruk telah dan berpotensi akan terus melanda Sumba - Foto : Ilustrasi iNews.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.idCuaca ekstrim, perubahan iklim yang terjadi beberapa tahun terakhir dan juga melanda pulau Sumba membawa dampak yang cukup signifikan bagi masyarakat. Belum lagi hama belalang, wabah Surra dan ASF yang hingga kini masih jadi momok bagi tanaman pangan serta ternak warga. Menyikapi realita itu, Universitas Kristen Wira Wacana (Unkriswina) Sumba meresponnya dengan membentuk Tim Tanggap Bencana dan Perubahan Iklim (T2BPI). Demikian diungkapkan Rektor Unkriswina, Maklon F. Killa.

“Ini respon dari keluarga besar Unkriswina dimana nantinya tim ini akan berkoordinasi dengan multi pihak yang mana nantinya bisa memudahkan kerja – kerja penelitian dan pengabdian pada masyarakat,” jelas Maklon di ruang rektorat Unkriswina didampingi pengurus tim dan para dosen lainnya, Jumat (27/1/2023).

T2BPI lanjut Maklon memaparkan akan melakukan riset atau penelitian terutama untuk antisipasi atau mitigasi. Hal itu sebut dia guna meminalisir dampak bencana yang ditimbulkan.

“Tim ini akan bekerja sama dengan mitra seperti gereja, pemerintah dan LSM juga pers tentunya untuk mengkaji lalu menyebarluaskan potensi dan juga mitigasi bencana. Hal itu untuk meminalisir dampak dari bencana seperti kelaparan, gagal tanam dan panen, yang mana kini mulai ada tanda – tandanya. Tim akan gerak cepat untuk membantu mengkoordinirnya,” papar Maklon.

Adapun T2BPI bersektariat di Kampus Unkriswina di Kelurahan Prailiu, Kecamatan Kambera sendiri diketuai oleh Elfis Umbu Katongu Retang dan sekretaris serta anggotanya masing – masing Alfrian C. Talakua dan Yonce M. Killa.Tim ini juga nantinya,akan terkoneksi dengan seluruh program studi (Prodi) se – Unkriswina.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut