Logo Network
Network

Warga Ndapayami Sumba Timur Tangkap Belalang Kembara Seberat 900 Kilogram

Dion. Umbu Ana Lodu
.
Selasa, 27 Desember 2022 | 16:45 WIB
Warga Ndapayami Sumba Timur Tangkap Belalang Kembara Seberat 900 Kilogram
Belalang kembara yang ditangkap, dikarungkan lalu ditimbang dan diuangkan oleh warga desa Ndapayami. Belalang ini dibeli oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Sumba Timur - Foto : Dion. Umbu Ana Lodu

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Serangan sporadis belalang kembara di lahan dan kebun warga desa Ndapayami, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, NTT, direspon warga dengan tidak kalah beringasnya. Serangga yang telah menjadi hama 2 tahun terakhir di hampir seluruh wilayah Pulau Sumba itu ditangkap dan dikarungkan warga.

Warga desa Ndapayami berhasil menangkap dan mengarungkan 900 kilogram belalang kembara dewasa. Selanjutnya serangga bernama ilmiah Locusta Migratoria itu diserahkan ke petugas dari Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Sumba Timur untuk diuangkan.

“Warga berhasil tangkap dan karungkan 900 kilogram belalang kembara dewasa dan sudah dijual kepada petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten dengan harga lima ribu rupiah perkilogramnya,” jelas Lodu Pirandawa, Kepala Desa Ndapayami, kepada iNewsSumba.id ketika dikonfirmasi via telepon selularnya, Selasa (27/12/2022) siang lalu.

Lebih jauh Lodu menjelaskan belalang kembara yang ditangkap warganya itu merupakan hasil perburuan di malam hari. Pembayaran dari Dinas Pertanian terhadap belalang yang ditangkap itu sebut dia dilakukan dalam 3 tahapan. Penimbangan dan pembayaran dilakukan masing – masing pada tanggal 11, 12 dan 16 Desember.

“ Memang upaya yang dilakukan warga dan juga pemerintah dalam hal ini Dinas pertanian bersama penyuluh dalam memberantas hama belalang sudah cukup keras. Warga mencermati dan juga mebgmati keberadaan belalang dan langsung lapor ke Dinas. Malamnya bersama warga ke lokasi belalang menginap dan disemprot serta ditangkap bersama warga,” urai Lodu.

Follow Berita iNews Sumba di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini