Logo Network
Network

Serangan Sporadis Belalang Kembara di Sumba Timur, Puluhan Hektar Kebun Jagung Ludes

Dion. Umbu Ana Lodu
.
Selasa, 27 Desember 2022 | 11:31 WIB
Serangan Sporadis Belalang Kembara di Sumba Timur, Puluhan Hektar Kebun Jagung Ludes
Salah satu lokasi kebun jagung milik warga desa Ndapayami, Suumba Timur yang rusak oleh serangan belalang Kembara - Foto : Dion Umbu Ana Lodu

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id Puluhan hektar lahan kebun jagung milik warga di desa Ndapayami, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, NTT, ludes diserang belalang Kembara. Serangga bernama ‘keren’ Locusta Migratoria itu, meluluhlantakan lahan jagung warga yang sudah mulai berbunga dan mengeluarkan isinya, sehingga rusak total.

“Kurang lebih ada 10 hektar yang rusak total. Kalau yang lain memang masih ada namun tentu dalam ancaman serangan belalang,” jelas Lodu Pirandawa, Kepala Desa Ndapayami kepada iNewsSumba.id, Senin (26/12/2022) malam.

Lebih lanjut jelas Lodu, hingga kini warga masih terus berjaga- jaga untuk mengantisipasi serangan susulan belalang kembara. Selain itu sebut dia, upaya penyemprotan pestisida juga terus dilakukan warga.

“Kalau belalang datang siang hari warga usir dan juga tangkap, kalau malam kita lakukan penyemprotan. Kami yakin masih banyak belalang di padang yang siap menyerang kapan saja,” timpal Lodu.

Follow Berita iNews Sumba di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.