get app
inews
Aa Read Next : Jangan Lewatkan, Besok di Kota Waingapu Ada Karnaval Selebrasi Paskah Oikumene

Desa Wisata Tangguh di Sumba Timur Diabadikan dalam Buku dan Video Pembelajaran

Minggu, 20 November 2022 | 22:25 WIB
header img
Peluncuran buku dan video pembelajaran Desa Wisata Inklusif, Tangguh Bencana dan Adaptif Sumba Timur - Foto : Dion Umbu Ana Lodu

 

Denny Karanggu Limu, Direktur KOPPESDA keitka diberikan kesempatan untuk menyampaikan pesan dan catatannya, antara lain menggambarkan, booming pariwisata di Sumba Timur terjadi dikisaran tahun 2013 – 2015. Hal mana sebut dia sempat membuat warga di sekitar lokasi wisata kebingunan dan kelimpungan.


Salah satu spot Air Terjun Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur - Foto : istimewa
 

 

 “Melihat kondisi adanya kurang siapnya warga menghadapi situasi dimana banyak wisatawan dari luar dengan latar belakang perilaku, adat dan budaya, tentu perlu disikapi segera. Karenanya kami berupaya mempersiapkan, melatih dan mendampingi 4 wilayah. Ke depannya diharapkan bisa dilanjutksan oleh pemerintah maupun elemen lainnya dengan mereplikasikan apa yang telah konsorsium lakukan,” paparnya.

Untuk diketahui buku Desa Wisata Inklusif, Tangguh Bencana dan Adaptif Sumba Timur ditulis oleh Alex Japalatu. Buku ini berisi kisah praktik baik tentang pengurangan risiko dan pemulihan dampak COVID-19 terhadap masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain itu mengisahkan tentang kesadaran  pengurangan risiko bencana, meningkatnya kemampuan pelaku ekonomi kreatif, untuk memproduksi dan memasarkan barang dan jasa berbasis potensi lokal. Video pembelajaran dibuat oleh Betheldo R. Foenay.

 

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut