get app
inews
Aa Read Next : Raih Nilai Tertinggi, Kabupaten Sumba Timur Dapat Penghargaan MCP dari Dit Korpus Wilayah V KPK

Petani Sumba Timur Tingkatkan Hasil Pertanian Melalui Teknologi Digital

Rabu, 09 November 2022 | 16:23 WIB
header img
Kementerian Kominfo perkenalkan teknologi digital kepada para petani di Desa Kadumbul dan Desa Kawangu, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur. Foto: Ist

SUMBA TIMUR, iNews.id - Dalam memaksimalkan hasil pertanian para petani, Kementerian Kominfo perkenalkan teknologi digital kepada para petani yang ada di Desa Kadumbul dan Desa Kawangu, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur

Ketua Tim Transformasi Digital Sektor Pertanian, Maritim, dan Logistik Kemkominfo, Ir. Wijayanto, M.M. mengatakan teknologi digital dapat digunakan bagi para petani untuk memaksimalkan hasil pertanian. Di mana para petani dapat mengetahui kebutuhan unsur hara dan kondisi cuaca melalui sensor yang terintegrasi dengan aplikasi di perangkat telepon pintar. 

"Saat ini telah dikembangkan beragam solusi digital di sektor pertanian diantaranya melalui pemanfaatan sensor tanah dan cuaca. Melalui teknologi digital ini para petani dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya pertanian seperti pupuk dan pestisida dalam bercocok tanam sesuai kebutuhan," katanya pada saat kegiatan Panen Petani Digital 4.0 di Kambaniru, Selasa (08/11). 

Penggunaan teknologi ini sendiri dilakukan dengan terlebih dahulu memasang perangkat Internet of Things (IoT) di lahan. Nantinya alat tersebut secara periodik akan mengirimkan informasi kondisi tanah dan cuaca yang kemudian diolah secara otomatis untuk menghasilkan rekomendasi tindakan. 

"Nantinya melalui aplikasi itu petani dapat mengetahui apa saja kebutuhan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman di lahan seperti berapa banyak penggunaan air, pupuk, dan  lainnya sehingga aktivitas bertani menjadi lebih efisien," jelasnya. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut