get app
inews
Aa Read Next : Kasihan, Mahasiswi Asal Sumba Timur Ditemukan Meninggal Dunia dalam Kamar Kosnya di Kota Kupang

Ini Gebrakan Inovasi UPTD Penda NTT Wilayah Sumba Timur untuk Tingkatkan Pendapatan Pajak Ranmor

Jum'at, 16 Juni 2023 | 15:41 WIB
header img
Kepala UPTD Penda Provinsi NTT, Wilayah Kab. Sumba Timur Oktavianus Mare saat laksanakan program Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) juga Layanan Informasi Keliling (Linling) tentang sadar pajak kendaraan pengeras suara - Foto : Istimewa

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Gebrakan dan Inovasi UPTD Penda NTT Wilayah Sumba Timur terus dilakukan untuk meningkatkan pendapatan dari pajak kendaraan bermotor (ranmor). Semuanya dilakukan dengan mengedepankan komunikasi persuasif dengan masyarakat pemilik ranmor yang menjadi targetnya.

Kepala UPTD Pendapatan Daerah (Penda) Provinsi NTT, Wilayah Kabupaten Sumba Timur Oktavianus Mare, pada iNewsSumba.id di ruang kerjanya, Jumat (16/6/2023) menguraikan ragam inovasi dan gebrakannya paska ditugaskan September 2022 lalu  di wilayah Tana Matawai Amahu Pada Njara Hamu itu. Ada Samling (Samsat keliling), Samsar (Samsar) hingga Jempola atau Jemput Bola Pelayanan.

Tak hanya itu, mantan aktifis PMKR NTT itu juga menyebutkan program Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) juga Layanan Informasi Keliling (Linling) tentang sadar pajak kendaraan menggunakan pengeras suara terus dilakukan pihaknya secara periodik.

“Kami datang ke kecamatan, desa dan bahkan ke rumah – rumah warga untuk berikan penceraham, pemahaman dan edukasi secara persuasif untuk menyadarkan dan bahkan bangkitkan semangat masyarakat untuk cinta daerahnya dengan taat membayar pajak kendaraan bermotor,” tandasnya.

Dalam kegiatan dan inovasi yang dilakukan, kata Oktavianus melibatkan sejumlah stake holder mulai dari Pemkab, Polres, Pemerintah Kecamatan, Desa, juga Polsek. Selain itu sebut dia, dalam setiap kegiatan juga masyarakat yang miliki ranmor bernopol luar Sumba Timur dihimbau untuk membalik nama guna selanjutnya membayar pajak sebagai bentuk dukungan untuk pendapatan daerah, yang nantinya juga akan digunakan untuk pembangunan daerah.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut