get app
inews
Aa
Read Next : Dialog dengan Generasi Muda Sumba, Alam Ganjar Dititipi Kain Tenun Harapan Buat Sang Ayah

Soeharto Digelari Pahlawan Nasional Bersama 4 Tokoh Lain, Ini Alasan Pemerintah Dibalik Penetapannya

Jum'at, 04 November 2022 | 03:00 WIB
header img
Presiden Joko Widodo beri gelar Pahlawan Nasional pada 5 orang tokoh termasuk Soeharto - Foto : SetPres

JAKARTA, iNewsSumba.id - Gelar Pahlawan Nasional diberikan kepada 5 tokoh nasional Indonesia oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di antara tokoh tersebut terdapat nama Soeharto hingga Raden Rubini. Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Mahfud MD yang juga menjabat Menko Polhukam menyampaikan hal ini di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Kamis (3/11/2022).

Dalam keterangan yang disampaikan pada Kamis (3/11/2022) Mahfud MD menjelaskan latar belakang pemberian gelar dimaksud.

“Tahun ini memberikan lima (gelar pahlawan nasional) kepada tokoh-tokoh bangsa yang telah ikut berjuang mendirikan negara Republik Indonesia melalui perjuangan kemerdekaan dan mengisinya dengan pembangunan-pembangunan sehingga kita eksis sampai sekarang sebagai negara yang berdaulat," tandasnya.

Gelar Pahlawan Nasional Pertama akan dianugerahkan pemerintah Indonesia kepada almarhum Soeharto dari Jawa Tengah yang dinilai telah berjuang bersama Presiden Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Selain dari itu, pasca kemerdekaan, almarhum Soeharto juga ikut serta dalam pembangunan sejumlah infrastruktur di Tanah Air.

Mahfud MD juga menambahkan keterangan tentang rasionale dianugerahkannya gelar pahlawan nasional kepada Soeharto yakni, "Ikut pembangunan syariah dan pembangunan Monumen Nasional serta Masjid Istiqlal dan pembangunan Rumah Sakit Jakarta serta salah seorang pendiri berdirinya IDI (Ikatan Dokter Indonesia)," kata Mahfud.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut