get app
inews
Aa Read Next : Jangan Lewatkan, Besok di Kota Waingapu Ada Karnaval Selebrasi Paskah Oikumene

Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim Perlu Optimalkan Peran Media Massa

Rabu, 02 November 2022 | 09:37 WIB
header img
Kekeringan atau kemarau panjang salah satu dampak perubahan iklim - Foto : Ilustrasi iNews.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba. id - Langkah nyata yang dapat dilakukan dalam waktu dekat dalam kaitan dengan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim adalah dengan melibatkan media massa. Pelibatan media massa itu bisa dilakukan oleh BMKG maupun stake holder lainnya terkait dengan penyebarluasan informasi iklim kepada semua masyarakat dan  stakeholder terkait. Demikian salah satu kesimpulan Workshop Forum Adaptasi Perubahan Iklim yang digelar di ruang rapat Bappeda Kabupaten Sumba Timur, Senin (24/10/2022) lalu.

 

Para peserta kegiatan ini sepakat menyatakan warga terutama petani perlu mendapatkan informasi dari sumber terpercaya dan berkompeten di Kabupaten Sumba Timur.

 

 “Yang memiliki kompetensi untuk penyebarluasan informasi salah satunya adalah media massa. Karena itu harus dioptimalkan perannya. Khusus untuk Sumba bisa disebarkan melalui Radio Pemerintah juga swasta, media online dan televisi misalnya. Ini akan sangat membantu petani agar dapat menyesuaikan diri dengan kondisi iklim terkini,” ungkap Deni Karanggu Limu, Direktur Koppesda kepada media ini kala ditemui terpisah Rabu (02/10/2022) terkait pelibatan media massa dalam program adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

 

Sebelumnya dalam Workshop, Yohanis Gah selaku sekretaris Bappeda Sumba Timur menyatakan, Forum Multi Stakeholder untuk menanggulangi Perubahan Iklim sangat diperlukan. Selain itu kata dia, perlu juga dipertegas bentuk, kepengurusan dan legalitasnya, yang mana nantinya akan didiskusikan lebih lanjut. Hal lain yang juga penting sebutnya adalah rencana penyusunan Roadmap Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim.

 

Worshop itu diikuti oleh sejumlah elemen baik dari unsur pemerintah seperti BMKG, Dinas pertanian dan peternakan, Dinas Lingkungan Hidup dan BPBD. Juga hadir figur maupun lembaga pemerhati alam dan lingkungan serta akademisi. Hadir pula perwakilan dari beberapa desa seperti Desa Mondu, Pambotadjara dan Napu.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut