get app
inews
Aa Read Next : Melalui Karya Seni, Gotong Royong untuk Flobamoratas Tunjukkan Peduli Alam dan Iklim

Mengenal Apa Itu Bipolar Juga Gejala Serta Cara Pengobatannya

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 18:15 WIB
header img
Mengenal Bipolar, gejala dan pengobatannya - Foto : AFP

 

 

Berkenalan Dengan Bipolar

 

Apa itu bipolar sebenarnya?  Menurut situs Psychology.org Gangguan bipolar adalah gangguan otak yang mengakibatkan perubahan suasana hati (mood), energi, dan juga Kemampuan seseorang untuk dapat berfungsi dalam kehidupannya. Pengidap bipolar mengalami kondisi emosional yang menegangkan yang biasanya muncul dalam durasi waktu berhari-hari atau berminggu-minggu, kondisi ini biasa disebut dengan Mood Episodes (Episode suasana hati).

 

Mood Episodes ini dikategorikan sebagai manic / hypomanic yang dalam kehidupan nyata biasanya muncul dalam bentuk suasana hati yang teramat senang atau teramat sedih (depresif). Namun demikian penderita bipolar juga bisa  berada dalam kondisi suasana hati yang tenang, sama seperti orang normal pada umumnya.

 

Orang yang kondisi kejiwaannya normal juga mengalami suasana hati yang fluktuatif. Namun yang membedakan penderita bipolar dengan orang normal adalah bahwa perubahan suasana hati ini hanya berlangsung selama beberapa jam saja sementara penderita bipolar mengalaminya dalam kurun waktu berhari-hari atau bermingu-minggu.

 

Perbedaan berikutnya adalah bahwa saat mengalami Mood Episodes, perubahan suasana hati penderita bipolar juga diikuti oleh perubahan perilaku atau kesulitan lain yang dialami saat harus menjalankan kegiatan rutin harian. Lebih lanjut, penderita bipolar juga menunjukkan kesulitan mereka saat berinteraksi dengan orang lain di sekitarnya. Karena sebab-sebab inilah biasanya penderita bipolar mengalami kesulitan ketika harus bekerja atau harus pergi sekolah, dan yang paling menyulitkan adalah dapat terganggunya hubungan antara penderita bipolar dengan orang-orang yang mereka cintai (Pasangan, orang tua, atau anak).

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut