get app
inews
Aa Read Next : Melalui Karya Seni, Gotong Royong untuk Flobamoratas Tunjukkan Peduli Alam dan Iklim

Mengenal Apa Itu Bipolar Juga Gejala Serta Cara Pengobatannya

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 18:15 WIB
header img
Mengenal Bipolar, gejala dan pengobatannya - Foto : AFP

 

Perilaku apa yang mungkin terjadi saat penderita bipolar mengalami Mood Episodes?

Menurut Psychiatry.org perilaku yang mungkin timbul saat penderita mengalami Mood episode bisa dikategorikan ke dalam 3 jenis, yakni: Manic Episodes, Hypomanic Episodes, dan Major Depressive Episodes. Perlu diingat bahwa hal-hal berikut ini perlu kita waspadai apabila terjadi perubahan suasana hati / perilaku yang tidak biasanya muncul.

 

1.            Manic Episodes,

 

Saat penderita gangguan bipolar mengalami manic episode maka biasanya dalam jangka waktu paling sedikit seminggu maka perilaku yang mungkin bisa terlihat adalah bahwa orang yang bersangkutan akan terlihat terlalu bersemangat, atau terlalu mudah teriritasi (mudah marah), seperti memiliki energi yang sangat tinggi disbanding biasanya, dan menunjukkan paling tidak 3 (tiga) dari gelaja berikut: (1). Kurang tidur (merasa energetic terus menerus selama seminggu padahal yang bersangkutan kurang waktu tidurnya; (2). Berbicara dengan sangat cepat; (3). Pikirannya terpacu dengan cepat dan tidak terkontrol, atau sering berganti ide/topik pembicaraan Ketika berbicara; (4). Melakukan banyak kegiatan (gelisah, mengerjakan beberapa projek sekaligus dalam waktu yang bersamaan; (5). Meningkatnya perilaku yan membahayakan dirinya atau orang lain seperti mengemudi dengan ceroboh, mengebut, dll.

 

2.            Hypomanic Episode

 

Hypomanic episodes ditandai dengan gejala-gejala yang sedikit lebih ringan dari gejala Manic Episode. Durasi waktu perubahan suasana hati dan juga perilaku ini muncul dan berlangsung dalam hitungan 4 hari dalam seminggu.

 

3.            Major Depressive Episode

 

Periode berlangsungnya Major Depressive Episode dapat berlangsung selama paling tidak 2 (dua) minggu dengan gejala yang mungkin terlihat sebagai berikut: (1). Kesedihan yang teramat dalam; (2). Menghilangnya minat untuk melakukan kegiatan yang biasanya disukai; (3). Merasa tidak berdaya atau tidak berharga atau memiliki rasa bersalah; (3). Kelelahan; (4) Meningkatnya atau berkurangnya jumlah waktu tidur; (5) Nafsu makan yang sangat berkurang atau sangat meningkat; (6). Gelisah (suka melamun), atau melambatnya kecepatan bicara atau Gerakan; (7). Kesulitan konsentrasi; (8). Sering memiliki pemikiran untuk mati atau bunuh diri.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut