get app
inews
Aa Read Next : Terciduk Curi Motor di Masjid, Apes! Pelaku Dikejar Lalu Dibanting

Kisah Sukses Muhdi yang Mengolah Singkong Sumber Daya Lokal Sederhana jadi Camilan Mendunia

Kamis, 20 Oktober 2022 | 12:45 WIB
header img
Muhdi dengan kreasi keripik singkongnya yang kini mendunia - Foto : IG UD Kreasi Lutvi

 

Muhdi kemudian menjalin Kerjasama dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mandiri Sejahtera di desanya, yang menjaga pasokan bahan baku utama singkong agar produksi keripik singkongnya tetap stabil.

Nasib mempertemukan Mahdi dengan seorang pengusaha asal Korea Selatan yang sedang bermain golf di desa tempat Muhdi tinggal, Desa Tuntungan II, Deli Serdang. Setelah pengusaha asal Korea Selatan ini mencicipi keripik singkong krispi buatannya, sang pengusaha mulai menjadi penggemar makanan camilan yang popular di Indonesia ini.

Muhdi kemudian dihubungi oleh asisten dar pengusaha asal Korea Selatan tersebut untuk menyiapkan sampel keripik singkong untuk dibawa pulang oleh turis tersebut ke negara asalnya. Selanjutnya Muhdi diminta menyiapkan sebanyak 2.400 dus dan setiap setiap dusnya berisi 2,4 kilogram (kg) keripik singkong. Itulah awal dari diekspornya keripik singkong buatan Muhdi ke Korea Selatan melalui pelabuhan laut Belawan, Medan.

 

Untuk mempermudah proses ekspor, Muhdi membekali produk kripik singkongnya dengan Free Sale Certification, Health Certification, dan ISO 22.000.

Demikian kisah inspiratif Muhdi, yang sukses mengolah sumber daya lokal sederhana berupa singkong menjadi camilan mendunia yang berhasil mengekspor kripik singkong ke Korea Selatan hingga 3 kontainer tiap bulannya.

Bagaimana? Apakah anda sudah mulai berpikir sumber daya lokal yang dapat diolah menjadi camilan mendunia?

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Kisah Inspiratif Muhdi Sukses Ekspor 3 Kontainer Keripik Singkong Setiap Bulan ke Korsel

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut