Uang dan Popularitas jadi Motif di Balik Pemuda Madiun Terlibat Bjorka

Puteranegara Batubara
.
Jum'at, 16 September 2022 | 18:01 WIB
MAH tergiur uang dan popularitas terkait hacker Bjorka - Foto MPI

JAKARTA, iNewsSumba.id – Uang dan popularitas menjadi alasan atau motif di balik keterlibatan MAH, seorang pemuda di Madiun, Jawa Timur terlibat dengan akun Bjorka yang meretas sejumlah akun milik pemerintah juga tokoh publik di Indonesia. Dengan membantu Bjorka, MAH menjadi terkenal dan mendapatkan uang.

"Motif tersangka, membantu Bjorka agar dapat menjadi terkenal dan mendapatkan uang," kata Jubir Divisi Humas Polri Kombes Ade Yaya Suryana, Jumat (16/9/2022).

Sehubungan dengan kasus itu, selain menetapkan MAH sebagai tersangka, juga diamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya adalah sim card dan handphone milik MAH. 

"Timsus juga sudah mengamankan barang bukti yaitu 1 buah sim card celluler. Kemudian dua unit HP milik tersangka. Kemudian satu lembar KTP atas nama MAH," imbuh Ade.

Lebih lanjut Ade memaparkan peran MAH sebagai penyedia channel di Telegram dengan mengatasnamakan Bjorkanism. 

"Peran tersangka bagian dari kelompok Bjorka yang berperan sebagai penyedia channel Telegram dengan nama channel Bjorkanism," tukas Ade.

Untuk diketahui, Rabu(14/9/2022) malam aparat Polri telah mengamankan seorang pemuda berinisial MAH, warga Desa Banjarsari, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur diduga terkait serangkaian kasus peretasan data baru-baru ini.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Motif Pemuda di Madiun Bantu Bjorka, Polisi: agar Terkenal dan Dapat Uang "

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu
Bagikan Artikel Ini