Disebut Sosok Di Balik Bjorka, Ortu Pemuda di Madiun Ini Mengaku Kaget

Arif Wahyu Efendi
.
Kamis, 15 September 2022 | 22:21 WIB
MAH dijemput aparat karena diduga merupakan sosok di balik Bjorka - Foto MPI

MADIUN, iNewsSumba.id – Tidak ada yang menduga bahwa sosok MAH (21), Warga Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Tiimur adalah sosok di balik Bjorka yang menghebohkan sepekan terakhir. Hal yang sama juga orang tuanya, yang mengaku  kaget mengetahui anaknya dijemput Tim Cyber Mabes Polri di rumahnya, Rabu (14/9/2022).

MAH dijemput aparat karena diduga merupakan sosok di balik Bjorka, hacker yang tengah diburu polisi dan beberapa hari terakhir membobol sejumlah akun instansi dan pejabat pemerintah NKRI. Penjemputan itu sontak membuat Prihatin, Ibunda MAH, menyatakan ketidakyakinannya karena anaknya tak mempunyai satu perangkat komputer dan peralatan elektronik penunjang.

"Gak ada (komputer), dia cuma punya HP satu itu saja punyanya," kata Prihatin di kediamannya, Kamis (15/9/2022) sembarui menjelaskan, anaknya dijemput 4 anggota polisi berpakaian preman itu.

Lebih jauh dikatakan Prihatin, pihak keluarga, tidak percaya apabila MAH yang hanya lulusan madrasah aliyah (MA) dan berjualan es thai tea di pinggir jalan di dekat desanya terlibat dalam jaringan pelaku peretasan.

Prihatin dan suaminya Jumanto, yang bekerja sebagai buruh tani hanya bisa berharap, anak mereka bisa segera terbebas dari tudingan senbagai sosok di balik Bjorka.

"Semoga cepat pulang, sampai sekarang belum pulang," ucap dia.

Diketahui, satu orang pemuda berinisial MAH ditangkap di Madiun terkait dengan kasus dugaan peretasan oleh akun anonim mengatasnamakan Bjorka. Polisi masih meminta keterangan pada pemuda tersebut. 

"Untuk yang di Madiun sedang didalami terkait menyangkut masalah yang bersangkutan. Semua tim masih bekerja semuanya timsus," kata Kadiv Humas Polri Pol Irjen Dedi Prasetyo di Jakarta, Kamis (15/9/2022).

Kendati demikian, Dedi belum bisa memastikan apakah pemuda yang diamankan tersebut merupakan hacker ataupun perangkat lainnya terkait dengan Hacker Bjorka.

"Belum. Belum disimpulkan seperti itu karena masih didalami timsus, saya tidak berkompeten menjelaskan sebelum timsus nanti setelah selesai bekerja," tandas Dedi.

"Yang baru saya dapat informasi kan yang ada di Jawa Timur aja yang masih didalami, satu orang aja yang masih didalami," pungkasnya

Artikel ini telah tayang di jatim.inews.id dengan judul " Orang Tua Kaget MAH Dituduh Sebagai Bjorka: Dia Tidak Punya Komputer "

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu
Bagikan Artikel Ini