Cadangan Pangan Pemerintah Disalurkan untuk Lebih dari 51 Ribu KPM di Sumba Timur

Dion. Umbu Ana Lodu
Pjs. Bupati Sumba Timur Ruth Diana Laiskodat didampingi Sekda Umbu Ngadu Ndamu, Kalapas Waingapu, Revanda Bangun serta sejumlah anggota Forkopimda melaunching Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk bulan Oktober - Foto : iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Sebanyak 51.227 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan mendapatkan 10 kilogram beras untuk bulan Oktober ini. Kepastian itu terjadi seiring dilaunchingnya Program Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) alokasi bulan Oktober 2024 untuk Pemberian Bantuan Pangan dalam rangka penanganan stunting, gizi buruk dan kurang secara simbolis Pjs. Bupati Sumba Timur Ruth Diana Laiskodat, Rabu (9/10/2024) pagi lalu.

Dikatakan Pjs. Bupati Sumba Timur, permasalahan pangan sangat penting, sehingga mendorong setiap Negara untuk berusaha mewujudkan ketahanan pangan dan pemenuhan kebutuhan gizi yang berkelanjutan. Hal itu agar dapat menjamin terpenuhinya kebutuhan pangan sampai dengan tingkat perorangan.

“Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan yang kuat, salah satu peran Pemerintah yaitu mengalokasikan anggaran untuk bantuan Beras CPP untuk pemberian bantuan pangan dalam rangka antisipasi kekurangan pangan yang dapat berdampak pada terjadinya krisis pangan dan gizi, pengendalian inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen dari dampak fluktuasi harga,” tandas Ruth Diana.

Untuk diketahui, total alokasi CPP bagi Kabupaten Sumba Timur Tahun 2024 sebanyak 4.809.240 Kilogram yang diperuntukkan bagi 51.227 KPM. Dimana untuk tahap 1 dan 2 telah tersalurkan. Setiap KPM mendapat 10 Kilogram beras/bulan selama 9 Bulan. Dan akan berlanjut hingga bulan Desember 2024 mendatang.

Sedangkan pangan pengentasan stunting mencapai 22.674 Kilogram yang diperuntukkan bagi 2.267 KPM. Dimana untuk  tahap 1 dan 2 sudah tersalurkan,  dengan rincian setiap KPM mendapat 1 kilogram  daging ayam dan 10 butir telur ayam/ bulannya.

Program bantuan beras itu sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia telah berjalan sejak Januari 2024. Penyaluran ini juga diharapkan bisa menjaga stabilitas harga beras dan memastikan kebutuhan pangan masyarakat terpenuhi.

Seremonial launching beras CPP itu juga dihadiri Sekda Sumba Timur, Umbu Ngadu Ndamu, Ketua DPR Sementara serta sejumlah anggota Forkopimda Sumba Timur. Hadir pula Revanda Bangun, selaku Kalapas Waingapu dan para Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Sumba Timur, Pimpinan Bulog Waingapu dan Kepala PT Pos Indonesia Cabang Waingapu.

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network