Lapas Waingapu dan TP PKK Sinergi Berdayakan Warga Binaan dalam Pembuatan dan Pemasaran Tenun Ikat

Dion. Umbu Ana Lodu
Ketua TP PKK Sumba Timur Merliaty Praing Simanjuntak bersama jajarannya saat bertemu Kalapas Waingapu, Revanda Bangun dalam merintis sinergi pembinaan dan fasilitasi warga binaan untuk hasilkan dan pasarkan tenun ikat - Foto Kolase : Humas Lapas/iNews.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id– Koordinasi untuk membangun sinergitas dan kolaborasi dalam rangka pemberdayaan warga binaan untuk memproduksi dan memasarkan tenun ikat khas Sumba Timur dilakukan oleh Lapas Waingapu dan Tim Penggerak PKK (TP PKK) setempat. Sinergitas itu dirintis oleh Kepala Lapas (Kalapas) Waingapu, Revanda Bangun dan disambut positif oleh Merliaty Praing Simanjuntak, Ketua TP PKK setempat.

"Kami siap mendukung penuh program Lapas Waingapu Berkarya dengan melibatkan warga binaan yang memiliki keahlian dalam tenun ikat Sumba Timur. Kami akan memberikan bantuan mulai dari alat dan bahan, proses pembuatan, hingga pemasaran produk tenun ikat tersebut," tandas Merliaty Simanjuntak, Selasa (17/9/2024) siang lalu.

Pelestarian budaya dan kerajinan tenun ikat, idealnya dilakukan oleh semua komponen warga di Sumba Timur termasuk warga binaan Lapas Waingapu. Karena kain tenun ikat sebagai maha karya, sangat dihargai dan dikagumi oleh warga luar Sumba bahkan mancanegara. Sehubungan dengan itu, TP PKK Sumba Timur akan memfasilitasi peningkatan keterampilan warga binaan.

“Kita akan fasilitasi peningkatan keterampilan warga binaan, juga tentunya berikan kesempatan bagi mereka untuk berkreasi dan menghasilkan produk yang dapat dipasarkan secara luas,” timpal Merliaty.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network