Tim Siaga Bencana di Sumba Timur Ikuti Pelatihan Teknis Penanganan dan Evakuasi Korban

Dion. Umbu Ana Lodu
Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) 5 Desa di Sumba Timur,NTT, ikuti pelatihan teknis penanganan dan evakuasi korban bencana di Lokasi Wisata Pantai Londa Lima, Desa Kuta, Kecamatan Kanatang - Foto Kolase : iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id- Sebanyak 50 anggota Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) dari lima desa di Sumba Timur,NTT, mengikuti pelatihan teknis penanganan dan evakuasi korban bencana yang diselenggarakan oleh SID dan World Neighbors. Pelatihan ini diadakan di lokasi wisata Desa Kuta, Kecamatan Kanatang.

Kegiatan yang dilaksanakan Jumat (23/8/2024) hingga Sabtu (24/8/2024) lalu itu diikuti oleh perwakilan pengurus Desa Tangguh Bencana (DESTANA) dari 5 Desa. Kelima Desa dimaksud yakni, Desa Ndapayami, Tandula Jangga, Praipaha, Kambuhapang, dan Matawai Pawali.

Selama dua hari pelaksanaan, peserta dibekali pengetahuan teknis tentang penanganan dan evakuasi korban bencana, termasuk penanganan patah tulang, dislokasi, luka, dan cedera lainnya sesuai dengan tahapan-tahapan standar. Pelatihan ini dipimpin oleh Kepala Markas PMI Sumba Timur dan didukung oleh berbagai instansi terkait, seperti BPBD, Dinas Kesehatan, FPRB, serta para relawan bencana daerah.

Menurut Arit Mano, Koordinator Program INCIDENT SID, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengurus DESTANA dari lima desa, agar mereka siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk melakukan respons bencana di desa masing-masing atau di lokasi bencana lainnya.

"Saya sangat beruntung bisa mengikuti pelatihan teknis evakuasi korban bencana yang meningkatkan kesiapan kami sebagai pengurus DESTANA saat menghadapi bencana. Kami telah belajar banyak tentang penanganan bencana, termasuk bagaimana membantu korban melalui pelatihan evakuasi. Kini, kami siap menerapkan pengetahuan yang kami peroleh di desa masing-masing," urai Umbu Anan, salah satu peserta pelatihan yang juga merupakan anggota DESTANA dari Desa Tandula Jangga itu.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network