Parang dan Pedang Terhunus Sambut Kapolres Sumba Timur yang Baru Saat Tiba di Waingapu

Dion. Umbu Ana Lodu
Kapolres Sumba Timur AKBP Edward Jacky Tofany Umbu Kaledi, disambut parang dan pedang terhunus saat tiba di kota Waingapu untuk memulai tugasnya - Foto Kolase : iNewsSumba.id/Dion. Umbu Ana Lodu

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id –AKBP  Edward Jacky Tofany Umbu Kaledi, Sabtu (13/7/2024) sore tadi tiba di Bandara Umbu Mehang Kunda untuk memulai tugasnya yang baru sebagai Kapolres Sumba Timur, NTT. Setibanya di pintu keluar ruang terminal penumpang 8 pria menyambutnya dengan parang terhunus.

Adalah Tarian Kataga dari warga asal Sumba Tengah yang bermukim di Sumba Timur yang menyambut perwira menengah Polri itu sebagai sebuah kebanggaan, pasalnya seorang putera Sumba menjabat Kapolres di Tana Marapu.  AKBP Edward Jacky Tofany Umbu Kaledi akan menggantikan AKBP Fajar WLS yang dimutasi menjadi Kapolres Ngada.

Masih dengan senjata yang kurang lebih sama, Kapolres Sumba Timur AKBP Edward Jacky Tofany Umbu Kaledi kembali disambut dengan pedang ketika pertama kali menapaki halaman Makopolres setempat. Prosesi yang dikenal dengan Pedang Pora itu merupakan prosesi kehormatan untuk menyambut atau melepaskan perwira di institusi Bhayangkara.

Adapun sebelumnya di Bandara Umbu Mehang Kunda, Kapolres Sumba Timur AKBP  Edward Jacky Tofany Umbu Kaledi disambut oleh Wakapolres Kompol Arief  Sadikin dan Bupati Sumba Timur Khristofel Praing. Kedatangan putera Obed Umbu Madieta, mantan Kadis PUPR Sumba Barat puluhan tahun silam itu diterima dengan pengalungan kain tenun ikat khas Sumba juga tuturan adat para tokoh Sumba Tengah.

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network