Melalui Karya Seni, Gotong Royong untuk Flobamoratas Tunjukkan Peduli Alam dan Iklim

Dion. Umbu Ana Lodu
Panitia dan sebagaian peserta Jambore GRUF 2024 di Pantai Londa Lima, Sumba Timur, NTT - Foto : istimewa

 

 

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Pantai Wisata Londa Lima di Desa Kuta, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, NTT menjadi lokasi kegiatan Jambore Koalisi Orang muda atas Perubahan Iklim (KOPI). Jambore  berlabel Gotong Royong Untuk Flobamoratas (GRUF) ini merupakan pelaksanaan ke-4 yang bertujuan mengajak orang-orang muda NTT beraksi untuk peduli pada alam dan perubahan iklim .

Sebanyak 152 peserta ambil bagian dalam Jambore ini yyang berasal dari 12 daerah di NTT. Para insan yang terlibat juga berlatar belakang dari berbagi sektor, yakni tidak hanya lingkungan, tapi ada juga seni budaya, pendidikan, anak, kesehatan hingga gender. Demikian diungkapkan Gilbert Sandy selaku Ketua Pelaksana GRUF 2024 pada iNews.id, Kamis (2/5/2024) siang lalu selepas kegiatan pembukaan.

Juga ditegaskan Gilbert Sandy, GRUF 2024 juga bertujuan untuk membangun jaringan antar komunitas, agar semakin banyak orang yang peduli dan bergerak melakukan aksi iklim yang lebih masif di NTT.

“Seni adalah bahasa ekspresi manusia yang universal, sehingga kami percaya bahwa melalui seni juga kita dapat menyuarakan pesan positif seperti perlindungan hutan dan aksi iklim, oleh karenanya GRUF 2024 ini kami kemas dengan sentuhan seni dan mengundang serta memberi pelatihan kepada 20 seniman muda sejak April lalu untuk bersama-sama membuat karya melalui kampanye bertajuk Seni Untuk Bumi,” urai Gilbert. 

Ditambahkan Gilbert, 20 seniman yang dipilih telah lalui proses rekruitmen terbuka dari 60 seniman muda asal NTT yang mendaftar.  Selanjutnya para seniam yang terseleksi itu diberikan pelatihan dasar dan dipertemukan dengan beberapa pakar.  Para para itu, kata dia yakni Akiq AW (Anggota ruang MES 56), Ismail Muntaha (Direktur Jatiwangi Art Factory), Intan Anggita Pratiwie (Co-Founder Setali Indonesia), Frengki Lollo (Direktur Skolmus), dan Manuel Alberto Maia (Filmmaker KFK). Setelah itu.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network