get app
inews
Aa Read Next : Akhirnya Sumba Timur Bersama 25 Kabupaten Lainnya Terentaskan dari Kategori Kabupaten Tertinggal

Berhasil Kelola Program Indonesia Pintar, Sumba Timur Raih Penghargaan dari Kemendikbudristek

Sabtu, 06 Juli 2024 | 12:55 WIB
header img
Bupati Sumba Timur Khristofel Praing menerima piagam penghargaan kategori “Pengelolaan Indonesia Pintar Kelompok Pemerintah Daerah Inspiratif Daerah Tertinggal di Jakarta. Para penerima penghargaan pose dengan Mendikbudristek - Foto Kolase : Istimewa

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Prestasi dalam skala nasional kembali diraih oleh Pemkab Sumba Timur, NTT. Kali ini diperoleh dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan diterima langsung oleh Bupati Sumba Timur Khristofel Praing di  JCC, DKI Jakarta, Jumat (5/7/2024) malam lalu.

Penghargaan dalam bentuk piagam yang ditandatangani oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim itu untuk kategori “Pengelolaan Indonesia Pintar Kelompok Pemerintah Daerah Inspiratif Daerah Tertinggal

Dalam momen ceremonial penyerahan piagam yang dilaksanakan di Jakarta itu, nama Kabupaten Sumba Timur yang paling pertama disebutkan oleh Chocky Sitohang selaku MC. Selanjutnya monitor memaparkan indikator penentuan penerima piagam Pengelolaan Indonesia Pintar.

Dimana yang jadi indikatornya adalah daerah yang telah memaksimalkan aplikasi SI PINTAR dalam proses pengelolaan PIP. Pengelolaan itu untuk semua tahapan yakni dari verifikasi/validasi, aktivasi rekening, unduh KIP digital, efektivitas waktu aktivasi rekening, ketepatan usulan terhadap target sasaran, juga presentase pengembalian kepada kas negara. Tidak hanya itu, juga laporan proses pengelolaan PIP dengan baik dan tepat waktu.

Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing pada iNews.id selepas penerimaan piagam itu, tetap membumi dan menegaskan raihan itu bukan hasil kerja seorang atau kelompok tertentu.  Namun melibatkan banyak elemen. Selain  itu sebut dia, raihan itu merupakan buah karya nyata pada komitmen Pemkab dan masyarakat untuk bersinergi bersama meningkatkan kualitas Pendidikan.

"Piagam penghargaan yang kita raih tentunya didapat karena kerja keras dan dedikasi seluruh jajaran pemerintah dan tentunya dukungan masyarakat.  Kita terus berharap, penghargaan ini makin mamacu kita semua untuk berikan pelayanan terbaik dan satu hati dalam komitmen meningkatkan kualitas pendidikan ke arah yang lebih baik dan berkelanjutan,” tandas Khristofel.


Piagam penghargaan dari Kemendikbudristek RI untuk Kabupaten Sumba Timur, NTT - Foto: istimewa

 

Khristofel Praing yang masih akan maju dalam perhelatan Pilkada mendatang sebagai Calon Bupati itu lebih jauh menambahkan, pada tahun 2023 lalu, Sumba Timur juga meraih penghargaan kategori Pemerintah Daerah Inspiratif Tingkat Kabupaten 3T. Realita itu sebutnya mengindikasikan konsistensi dan keberlanjutan plus spirit untuk terus hadir dan melahirkan inovasi pada sektor Pendidikan walaupun diperhadapkan ragam tantangan sebuah Daerah Tertinggal.

 

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut