get app
inews
Aa Read Next : 30 Anggota DPRD Sumba Timur Periode 2024-2029 Dilantik, Ini Nama dan Asal Partainya

Waduh di Sumba Timur Terdata Sementara ada 419 ODGJ, ke Depannya Bertambah atau Berkurang?

Minggu, 12 Mei 2024 | 22:54 WIB
header img
Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini saat bertatap muka dengan 80 ODGJ dan keluarga pendampingnya serta para penyandang disabilitas dan kaum rentan lainnya di Puskesmas Kanatang, Sumba Timur, NTT, Kamis (2/5/2024) lalu - Foto : iNewsSumba.id

Dalam  sambutannya saat itu, Mensos RI menekankan pentingnya data yang valid bagi para kaum rentan termasuk ODGJ untuk memastikan dan memudahkan penanganan dan pelayanan sosial. Dirinya juga menjamin Kementerian yang dipimpinnya akan membantu kaum rentan termasuk menjawab kebutuhan ODGJ dan keluarganya agar lebih mudah menjalani kehidupannya baik dalam bidang ekonomi, pelatihan dan pemberdayaan juga pengobatan.

Mensos Risma juga menegaskan seluruh Puskesmas yang ada di Sumba Timur juga akan bisa memberikan pelayanan pengobatan pada para ODGJ untuk pulih atau sembuh. Hal mana sebut dia para ODGJ dengan dibantu keluarganya bisa mendatangi Puskesmas untuk pengobatan minimal sekali dalam sebulan.

“Kalau dulu memang harus tiap hari pasien ODGJ minum obat dan tentu ini memberatkan dari sisi waktu dan biaya. Namun kini pengobatan bisa dilakukan terjadwal setiap bulan, yang mana tentunya tidak terlalu memberatkan, Dan itu bisa didapatkan obatnya di Puskesmas,” tandas Menteri Risma.

“Aih lumayan banyak juga jumlahnya eee, semoga ke depannya bisa berkurang ODGJ di Sumba jika Meneteri Sosial intervensi seperti ini sampai ke Puskesmas. Jangan sampai nanti kaerena himpitan ekonomi dan politik bisa bertambah lagi ODGJ,” ungkap Rahmad salah satu warga ketika dimintai tanggapannya di sela- sela sambutan Mensos RI kala berkunjung ke Puskesmas Kanatang didampingi Bupati Sumba Timur Khristofel Praing itu.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut