get app
inews
Aa Read Next : 3 TPS di Sumba Timur Laksanakan PSU, Ratusan Warga Antusias Ambil Bagian

Bawaslu Sumba Timur Rekomendasikan 3 TPS di Kecamatan Kambera Laksanakan PSU

Minggu, 18 Februari 2024 | 20:15 WIB
header img
Marthen Tanggu Rami, Ketua KPU Sumba Timur dan Johanis Landi, Ketua Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Sumba Timur - Foto Kolase : Istimewa

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Bawaslu Sumba Timur paska mencermati seksama rekomendasi Pangawas Pemilu Kecamatan  (Panwascam) menindaklanjutinya dengan merekomendasikan pada KPU untuk tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Kambera, melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU).  Hal itu ditegaskan oleh Johanis Landi, Ketua Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, pada wartawan Minggu (18/2/2024) siang lalu.

Figur yang akrab disapa Jo Landi itu menguraikan, rekomendasi PSU diusulkan berdasarkan temukan pelanggaran dari Panwascam yang mendapati adanya pemilih yang berasal dari luar Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan juga tidak membawa surat keterangan pindah memilih.

"Temuan Panwascam ada pemilih di luar DPT yang tidak punya surat keterangan pindah memilih tapi ikut mencoblos, sehingga tiga TPS tersebut akan dilakukan PSU," tandas Jo Landi.

Bahkan lanjut Jo Landi lebih jauh, para pemilih tersebut juga tidak bisa masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) sebab tidak berdomilisi di wilayah tersebut.

"Pemilih yang masuk dalam DPK hanya warga untuk Rukun Warga setempat yang mempunyai KTP, sedangkan bukan warga di situ tidak bisa dimasukkan ke dalam DPK," imbuhnya sembari menguraikan ketiga TPS dimaksud yakni TPS - 005  dan TPS - 015 di Kelurahan Wangga dan TPS - 006 di Kelurahan Mauhau.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut