get app
inews
Aa Read Next : Minggu SDN Mandas, Senin SDN Laitaku jadi Korban Hujan Deras dan Angin Kencang

Waduh, Stok Bantuan Emergency di BPBD Sumba Timur Habis Sejak Oktober 2023

Minggu, 31 Desember 2023 | 20:09 WIB
header img
Bencana angin keccang atau puting beliung masih menjadi momok bagi warga. Seperti yang pernah terjadi Senin (7/8/2023) lalu, ambrukkan 2 rumah warga di pantura Sumba Timur - Foto : istimewa

Di tempat yang sama, Anto Kila, Ketua FPRB Sumba Timur secara gamblang menyampaikan 11 jenis bencana yang berpotensi terjadi di Sumba Timur, hal itu merujuk dokumen KRB Kabupaten. Kesebelas bencana dimaksud yakni Banjir, Gempa Bumi, Tsunami, Kebakaran Hutan dan Lahan, Longsor, Gelombang Ekstrim dan Abrasi, Kekeringan, Banjir Bandang, Cuaca Ekstrim, Epidemi dan Wabah Penyakit serta Hama Belalang.  


Hama belalang kembara masih jadi ancaman yang mencemaskan warga Sumba Timur, karena datang secara tiba -tiba  - Foto : Dion Umbu Ana Lodu
 
 

Dikatakan Anto, dari 11 jenis bencana itu terdapat 3 jenis bencana yang miliki resiko paling tinggi terjadi di Kabapaten Sumba Timur. Hal itu sebut dia jika dilihat dari potensi luas bahaya, keterpaparan, dan potensi kerugian yang dapat ditimbulkan.

Ketiga bencana tersebut adalah Kekeringan, Banjir bandang, dan Gempa Bumi. Namun demikian, kabupaten Sumba Timur belum memiliki satu pun rencana kontijensi terkait bencana-bencana tersebut,” tandas Anto.
 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut