get app
inews
Aa Read Next : Minggu SDN Mandas, Senin SDN Laitaku jadi Korban Hujan Deras dan Angin Kencang

Waduh, Stok Bantuan Emergency di BPBD Sumba Timur Habis Sejak Oktober 2023

Minggu, 31 Desember 2023 | 20:09 WIB
header img
Bencana angin keccang atau puting beliung masih menjadi momok bagi warga. Seperti yang pernah terjadi Senin (7/8/2023) lalu, ambrukkan 2 rumah warga di pantura Sumba Timur - Foto : istimewa

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id - Tidak ada yang bisa memastikan kapan musibah atau bencana melanda sebuah daerah, yang bisa dilakukan hanyalah prediksi. Namun yang pasti kesiap-siagaan atau mitigasi menjadi langkah ideal yang perlu dilakukan. Mitigasi bencana di masa kini adalah sebuah kemutlakan. 

BPBD Sumba Timur menjadi institusi yang paling cepat diingat publik setiap ada bencana atau musibah yang disebabkan keperkasaan alam terjadi. Intansi ini paling tidak bisa menyalurkan bantuan emergency bagi para korban. 

Namun sayangnya sejak Oktober 2023 lalu, stok bantuan emergency di BPBD Sumba Timur telah habis. Hal itu ditegaskan oleh Abner Pandarangga, Sekretaris BPBD kepada iNews.id yang menemuinya lebih dari sepekan silam. 

"Stok logistik untuk bantuan emergency seingat saya sudah tidak ada sejak saya dan Pak Kalak masuk di sini setelah kami dimutasikan dan dilantik untuk jadi Kalak dan Sekretaris di sini," jelas Abner yang saat itu didampingi Kasubag Umum BPBD, Herry Franky Ratucoreh.

Beruntung jika ada bencana sebut Abner, Bupati meminta dari pihak Desa ataupun Kelurahan hingga Kecamatan untuk memasukan laporan. Hal itu sebut dia untuk kemudahan proses penggunaan Dana Tidak Terduga (DTT). Namun demikian, tentunya membutuhkan proses lebih panjang jika dibandingkan penyaluran bantuan emergency dari stok yang ada di BPBD. 
 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut