get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Sumba Timur Berupaya Maksimalkan Kepedulian Pada Pemenuhan Hak Anak

Empat Kabupaten se- Sumba Sepakat Sinergi Kendalikan dan Perangi Belalang Kembara

Kamis, 19 Oktober 2023 | 21:13 WIB
header img
Penandatanganan MoU pengendalian hama belalang kembara secara serentak oleh 4 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) se - Pulau Sumba di Balai Benih Unggul, Kecamatan Lewa, Kabupaten Sumba Timur, NTT - Foto kolase : iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Populasi belalang kembara yang beberapa tahun terkahir meledak dan menjadi hama bagi warga terutama petani di Pulau Sumba, NTT harus dihadapi untuk dikendalikan dan diperangi dalam spirit sinergitas atau kolaborasi. Sehubungan dengan itu, Pemkab Sumba Timur menginisiasi Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) Pengendalian Hama Belalang Kembara Se-Daratan Sumba, Kamis (19/10/2023) di Bali Benih Unggul di Kecamatan Lewa.

MoU ditandatangani oleh Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing, Bupati Sumba Barat Yohanis Dade, Wakil Bupati Sumba Barat Daya, Marthen Christian Taka,  dan Sekda Sumba Tengah, Bernardus Bura Gela. Penandatanganan MoU itu langsung ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS)  Pengendalian Hama Belalang Kembara Se-Daratan Sumba oleh 4 Kepala Dinas Pertanian dan Pangan.

Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing dalam sambutannya mengatakan serangan hama belalang  terjadi berulang kali di Pulau Sumba. Bahkan karena saking dahsyatnya petani telah sampai pada titik pasrah dan fatalis. Padahal kata Khristofel, oleh para ahli dikatakan bahwa upaya pengendalian bisa dilakukan

“ Pada tahun 1973 hingga 1975 pernah hama belalalang kembara hebat serang Sumba,  kemudian muncul kembali pada tahun 1999 – 2002 dan sejak Tahun 2016 sampai sekarang hama belalang ini muncul setiap tahunnya. Pada bulan Maret 2020 terjadi peningkatan populasi di Kabupaten Sumba Timur dan sempat berkurang pada awal Oktober 2021, serangan juga terjadi di Kabupaten lainnya di Sumba,” paparnya.

Serangan hama belalang kembara di Sumba Timur mencapi puncaknya pada  tahun 2022. Hal mana yang kemudian disikapi oleh Pemkab dengan melakukan upaya pengendalian secara sinergitas dan kolaborasi semua pihak.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut