get app
inews
Aa Read Next : Pastikan Naiknya Harga Beras dan Sejumlah Bahan Pokok, Bupati Sumba Timur Sidak Pasar

Dari Sijantan Hingga Sidarlin, Ini Puluhan Inovasi yang Telah Dilakukan Pemkab Sumba Timur

Minggu, 15 Oktober 2023 | 19:35 WIB
header img
Khristofel Praing, David Melo Wadu dan Umbu Ngadu Ndamu, Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Kabupaten Sumba Timur - Foto : iNewsSumba.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Periodesasi kepemimpinan di Sumba Timur disadari sepenuhnya oleh Khristofel Praing  sebagai Bupati. Kondisi itu justru harus diperhadapkan pada ragam persoalan serius yang mesti ditanggulangi pemerintah dan masyarakat. Menyiasatinya perlu ada terobosan atau inovasi. Dalam beberapa bidang inovasi itu telah dan akan terus dilakukan, labelnya juga beraneka mulai dari Sijantan hingga Sidarlin, selain itu ada pula 26 inovasi lainnya, apa saja diantaranya?

Inovasi Sijantan sendiri merupakan akronim dari Sistem Informasi Jalan dan Jembatan. Dari sini bisa ditebak, bahwa ini merupakan inovasi yang terkait dengan Tupoksi dari intansi seperti Dinas PUPR. Inovasi ini diharapkan bisa memberikan informasi akurat terkait jalan dan jembatan di Sumba Timur. Sedangkan Sidarlin merupakan singkatan dari Sistem Informasi Pendaftaran dan Pendataan Secara Online. Kedua inovasi ini masuk dalam bidang pelayanan publik.

Masih dari bidang pelayanan publik ada sejumlah inovasi yang berlabel menarik yakni Sistem Informasi Berbasis Website (Siberweb), Sistem Informasi Pegawai (Simpegtanahumba) Sipawandang (Sistem Informasi Pengembangan Kawasan Transmigrasi Terpadu Lintas Bidang)  juga Mba Polin (Pembayaran pajak online).

Adapula inovasi yang terkait dengan bidang lingkungan hidup dan pembangunan sektor pariwisata berbasis budaya. Inovasi dimaksud diantaranya Komala (Konservasi mata air dan lahan) juga Bank Sampah, Jungga untuk Dunia, Pusat Mal Kampung Agrowoisata Maulumbi.

Terkait dengan bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat juga ketahanan pangan  sejumlah inovasi juga dilakukan dan dikembangkan oleh instansi terkait. OTA AGB alias Orang Tua Asuh Anak Gizi Buruk, Sibanting Kaki Tiga atau Sistem Pemberantasan Stunting berbabis kandang, kolam dan kebun. Juga ada inovasi Uma Pamonung atau Rumah Pengharapan, Gardi (Garam Beryodium). Dari Dinas Pertanian menghadirkan inovasi Brigade Alsintan (Alat dan mesin pertanian) juga Pengendalian Belalang Kembara secara Gotong Royong, juga Kartu Tani dan Kaji Terap.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut