get app
inews
Aa Read Next : Raih Nilai Tertinggi, Kabupaten Sumba Timur Dapat Penghargaan MCP dari Dit Korpus Wilayah V KPK

Media Massa Penting dalam Advokasi Warga, LBL Sumba Timur Gelar Pelatihan Menulis Berita

Selasa, 26 September 2023 | 20:40 WIB
header img
Stepanus Landu Paranggi, Pimpinan Lembaga Bumi Lestari (LBL) Sumba Timur berikan materi dalam Pelatihan Media Kampanye Media Massa dan Advokasi hari pertama, Senin (25/9/2023) - Foto : Lembaga Bumi Lestari

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Menyadari perjuangan advokasi masyarakat dengan ragam persoalan kemanusiaan yang dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) akan lebih efektif jika menjalin sinergi dengan media massa, Lembaga Bumi Lestari (LBL) Sumba Timur menggelar Pelatihan Media Kampanye Media Massa dan Advokasi bagi staf. Kegiatan itu terlaksana di sekretariat LBL , Senin (25/9/2023) dan Selasa (26/9/2023) pagi hingga siang lalu.

Kegiatan pelatihan berlangsung lepas santai namun serius bergaya lesehan dipandu Stepanus Landu Paranggi, Pimpinan Lembaga Bumi Lestari.  Dari unsur jurnalis dihadirkan Dion Umbu Ana Lodu, wartawan iNews Media Group yang juga pemimpin redaksi iNewsSumba.id yang membawakan materi tentang Teknik Dasar Menulis Berita, Kode Etik Jurnalistik dan jenis – jenis berita. Dion Umbu juga membagikan pengalamannya dalam melakukan tugas jurnalistik yang mulai ditekuninya sejak tahun 2003 silam. Sementara Stepanus Landu Paranggi membawakan materi diantaranya Teknik Dasar Advokasi.

“Senang sekali bisa mendapatkan pencerahan tentang cara kerja jurnalis dalam mencari, mengumpulkan data dan informasi lalu menulis dan mempublikasikannya. Walaupun suasana terik di musim kemarau tapi kami antusias dan siap untuk mau dan memulai menulis sesegera mungkin,” ungkap Orpha Lambu, salah satu staf LBL, yang ikut dalam kegiatan itu.

Dalam pelatihan yang diikuti oleh seluruh pimpinan dan staf LBL itu berhasil mendapatkan beberapa catatan bahwa advokasi akan lebih efektif jika turut melibatkan dan mengoptimalkan media massa (cetak, elektronik dan online). Hal mana ditekankan Stepanus Landu Paranggi, yang juga pernah menjadi wartawan itu bahwasanya dengan advokasi, menulis dan mempublikasikan berita bisa membantu warga menyuarakan dan memperjuangkan hak – haknya.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut