get app
inews
Aa Read Next : Boxing Match KDH dan Blazer, Onel Vs Jepa Guncang Ring dan Kanvas Memukau Penonton

Kontroversi Raja Thailand, Dari Terbangkan Sendiri Pesawat Boeing Hingga Kisah Asmaranya

Selasa, 05 September 2023 | 06:00 WIB
header img
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn - Foto : Reuters

JAKARTA, iNewsSumba.id – Raja Thailand Maha Vajiralongkorn menjadi satu pemimpin negara dengan sistem monarki di Benua Asia. Juga merupakan salah satu Raja dengan nilai kekayaan yang besar diantara para raja pemimpin sebuah negara. Namun bukan hanya karena itu Raja Maha Vajiralongkorn menjadi tersohoor tapi juga karena sosoknya yang kontroversial.

Belum lama berselang tepatnya Sabtu (2/9/2023) lalu Raja Maha Vajiralongkorn menyetujui pemangkasan hukuman hukuman penjara mantan perdana menteri Thaksin Shinawatra. Hukumannya jadi 1 tahun setelah sebelumnya divonis 8 tahun karena terkait kasus korupsi.

Kontroversi Raja Thailand Maha Vajiralongkorn sudah bergulir sejak dirinya digadang – gadang menjadi penerus tahta dan bahkan hingga duduk di singgasana pada 2016, namun baru dinobatkan 2019 lalu.

Raja dengan nama lengkap Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun dan lahir pada 28 Juli 1952 ini merupakan anak kedua dari empat bersaudara pasangan Ratu Sirikit dan Raja Adulyadej. Habiskan masa remaja dengan menempuh pendidikan di Thailand, sosok ini kemudian lanjutkan sekolah ke Inggris dan Australia, lalu menempuh pelatihan di Royal Military College di Canberra.  Tidak hanya itu,  dirinya juga digodok latihan militer baik di Thailand, Inggris, Amerika Serikat juga Australia hingga menjadi seorang perwira militer di Angkatan Bersenjata Thailand

Kontroversi kemudian menyeruak ketika Raja Maha Vajiralongkorn yang punya kemampuan untuk menjadi pilot pesawat tempur dan sipil itu justru pernah terbangkan sendiri pesawat Boeing 737 miliknya untuk plesiran ke mancanegara. Selain itu sosoknya juga berpoligami atau menjalin hubungan percintaan suami isteri lebih dari satu perempuan.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut