Logo Network
Network

ChatGPT Chatbot AI ini Bisa Lancarkan Serangan Siber dalam Skala Besar

Tangguh Yudha
.
Rabu, 19 Juli 2023 | 14:55 WIB
ChatGPT Chatbot AI ini Bisa Lancarkan Serangan Siber dalam Skala Besar
ChatGPT yang dikembangkan OpenAI sangat bisa berisiko bagi dunia akademik. Foto ilustrasi.

JAKARTA, iNewsSumba.id - ChatGPT fasilitasi Chatbot artificial intelligence atau Chatbot AI sangat diandalkan belakangan ini. Namun menurut perusahaan keamanan siber SlashNext, tidak semua chatbot AI bisa memberikan manfaat, karena ada juga yang justru sangat berbahaya.

Yang baru saja berhasil diidentifikasi adalah chatbot AI bernama WormGPT. Chatbot AI yang satu ini banyak beredar di forum kejahatan dunia maya dan juga di dark web yang memang dirancang khusus untuk aktivitas kejahatan di ranah digital.

Sebagaimana dihimpun pada  Rabu (19/7/2023), WormGPT merupakan modul AI dengan fitur di luar chatbot tradisional termasuk dukungan karakter tak terbatas, retensi memori obrolan, dan akan menjawab pertanyaan-pertanyaan bersifat ilegal.

Alat tersebut diduga dilatih pada berbagai sumber data, terutama berkonsentrasi pada data terkait malware hingga membuatnya mampu menghasilkan email yang tidak hanya persuasif tetapi juga licik guna memuluskan serangan phishing yang canggih.

Pada dasarnya, ini adalah ChatGPT tanpa batasan etis. WormGPT ini digadang-gadang dapat menimbulkan ancaman berskala besar jika jatuh ke tangan para penjahat siber, bahkan yang paling tidak berpengalaman sekalipun.

Follow Berita iNews Sumba di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.