get app
inews
Aa Read Next : Jambore Nasional Malaria Jadi Motivasi Wujudkan Sumba dan NTT Bebas Malaria

Expo Fakultas Sains dan Teknologi Unkriswina Sajikan Aneka Produk Berbahan Lokal

Sabtu, 08 Juli 2023 | 19:54 WIB
header img
Expo Fakultas Sains dan Teknologi Unkriswina Sumba tampilkan karya dan produk kreatif mahasiwa untuk bangkitkan semangat entrepreneur - Foto : Dion. Umbu Ana Lodu

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Kristen Wira Wacana (Unkriswina) Kabupaten Sumba Timur, Sabtu (8/7/2023) menggelar Expo di halaman depan kantor Sinode Gereja Kristen Sumba (GKS). Sejumlah produk olahan berbahan dasar dari hasil bumi lokal Sumba dipamerkan dan disajikan dalam moment ini.

Dalam kegiatan ini, ratusan mahasiswa dan mahasiswi dari 3 prodi yakni Agribisnis, Informatika dan Teknologi Hasil Perikanan ambil bagian. Mereka terbagi dalam belasan kelompok yang menampilkan, mempresentasikan produk unggulan masing – masing kelompok, baik kepada tim penilai juga pengunjung dari masyarakat umum.

Ferlando Mbay Rahi Ketua kelompok 11 didampingi Melsyani Sintia Niko selaku bendahara bersama anggota kelompoknya antusias memberikan penjelasan seputar Salad Buah yang menjadi salah satu produk unggulan mereka.

“Bahan – bahan yang kami gunakan ada mangga, anggur, apel sama buah jeruk. Buah – buahan itu kami campur dengan mayones, susu dan keju. Dominan gunakan produk hasil bumi Sumba dan tidak gunakan pewarna alami. Jadi warna pink itu buah naga dan mayones dan kuningnya dari mangga dan susu,” papar Melsyani.

Piscok alias pisang coklat menjadi produk unggulan kelompok 1 yang diketuai oleh Grace Madeline Rihi dan bendaharanya Michaila Trifosa Rambu Ina. Keduanya menjelaskan alasan di balik dipilihnya pisang sebagai bahan utama dari produk kelompok mereka.

“Pisangnya jenis kepok, tentu lokal Sumba Timur juga mudah didapat dan harganya cukup terjangkau. Dalam pengolahannya pisang dibalut dengan kulit lumpia dan topingnya antara lain coklat dan oreo. Dari pembelian sampai pengolahan juga tidak lama dan tergolong simpel,” urai Grace diamini rekan – rekannya.


Expo Fakultas Sains dan Teknologi Unkriswina Sumba tampilkan karya dan produk kreatif mahasiwa untuk bangkitkan semangat entrepreneur - Foto : Dion. Umbu Ana Lodu

 

Selain Piscok dan salad buah, ada pula produk lainnya yang menarik, seperti yang ditampilkan oleh kelompok 9.

Stik kelor jadi produk unggulan kami. Kelor kami pilih karena sejak lama dikenal bagus untuk kesehatan karena kaya nutrisi. Namun untuk lebih menarik kami buat dalam bentuk stik hingga bisa jadi penganan yang menarik untuk semua anggota keluarga. Juga ada sosis telur yang mana selain ada sosis dan telur, juga ada wortel, daun bawang sehingga kaya gizi seperti protein juga serat,” ungkap Kristian Bulu menjabarkan didampingi ketua kelompok Panus Hina Hangga Naha.


Expo Unkriswina Sumba Timur tampilkan hasil kreasi mahasiswa/i - Foto : istimewa

 

Menariknya dalam kegiatan ilmiah itu tidak lantas menepikan gelora muda para mahasiswa dan mahasiswi. Karena kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WITA itu pada petang hingga malamnya akan menampilkan live musik dengan sajian lagu – lagu yang merupakan kegemaran kaum muda.  

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut