get app
inews
Aa Read Next : Jangan Lewatkan, Besok di Kota Waingapu Ada Karnaval Selebrasi Paskah Oikumene

Album Kecil tentang NTT, Buku karya Jurnalis Sederhana yang Bisa Beri Energi Positif

Jum'at, 07 Juli 2023 | 06:00 WIB
header img
John Taena bukukan karyanya dalam 'Album Kecil tentang NTT'. Penulis saat beraudiensi dengan Budayawan dan Sastrawan RD. Amanche Ninu, Pr - Foto : kolase istimewa

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Berkarier sebagai jurnalis di Harian Umum Pos Kupang selama 12 tahun menjadikan John Taena matang dan piawai dalam mengumpulkan data dan fakta lapangan. Menemukan hal – hal unik dan inspiratif adalah dinamika dalam kariernya. Semuanya itu diramu menjadi bacaan menarik untuk disajikan pada khalayak.

John Taena, seorang jurnalis yang dikenal sederhana dan cenderung terkesan cuek itu, abadikan karyanya dalam buku berjudul “Album Kecil Tentang NTT”. Buku yang sesuai jiwa penulisnya yakni sederhana itu, namun di dalamnya berisi sejumlah feature dan wawancara ekslusif dari figur – figur berjiwa besar. Juga kisah tentang keseharian sosok atau peristiwa yang sebelumnya dipandang sederhana namun sejatinya bisa memberikan dampak atau energi positif bagi semua pihak.  

Sosok yang cukup lama bertugas di Tana Marapu, tepatnya di Kabupaten Sumba Timur itu contohnya mengisahkan tentang Wabah penyakit yang menyerang ternak di Sumba. Juga perjuangan warga yang sulit untuk menggapai sumber air bersih untuk mencukupi kebutuhan rumah tangganya.

Yang juga menarik adalah kisah tentang apoteker yang banting setir jalani hari – hairnya dengan memproduksi dan lalu mengenalkan pupuk organik pada warga petani di Sumba Timur. Kisah lainnya juga dari NTT yakni kesulitan air warga Negekeo serta taman wisata bahari pertama di Maumere dan kisah penjual ikan bakar dari pesisir Kelapa Lima.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut