get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Sumba Timur Berupaya Maksimalkan Kepedulian Pada Pemenuhan Hak Anak

14 Tahun Sudah Nama Bandara Mau Hau Berganti Jadi Umbu Mehang Kunda

Selasa, 30 Mei 2023 | 11:08 WIB
header img
Bandara UMK ini pernah didarati sejumlah pesawat berukuran cukup besar dan lebar seperti halnya jenis Hercules ini - Foto : Dion. Umbu Ana Lodu

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Kabupaten Sumba Timur dimasa silam tak bisa lepas dari Bandara Mau Hau sebagai pintu masuk lewat jalur udara. Namun seiring waktu bergulir, sejak 28 Mei tahun 2009 silam, fasilitas yang dibangun sejak era kolonialisme silam itu berganti nama menjadi Bandara Umbu Mehang Kunda (UMK).

Peresmian nama baru Bandara Mau Hau menjadi Bandara Umbu Mehang Kunda itu dilakukan oleh mendiang Gubernur NTT kala itu, Frans Lebu Raya, 29 Mei 2009. Yang mana ditandai dengan prosesi adat khas Sumba Timur berupa pemotongan seekor kerbau.

Nama Umbu Mehang Kunda dipilih untuk gantikan nama sebelumnya dilandasi oleh penghargaan atas jasa sosok itu yang merupakan Bupati Sumba Timur periode 1999-2004 dan 2005-2010,  namun meninggal dunia saat masih dalam masa tugas pada 2 Agustus 2008 silam.

Penetapan nama baru Bandara UMK itu berdasarkan SK Menteri Perhubungan No.KP 33 Tahun 2009 bertanggal 27 Januari tahun 2009. Pertimbangan pergantian nama itu diantaranya karena jasa Almarhum Umbu Mehang Kunda ketika menjadi Bupati telah banyak melakukan terobosan dan perubahan pembangunan daerah diantaranya merubah wajah Kota Waingapu, menempatkan secara dominan sejumlah kantor Pemerintahan dalam satu kompleks, membangun Gedung DPRD dan sejumlah terobosan lainnya.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut