get app
inews
Aa Read Next : Dua Kakak Beradik Luka Parah, Korban Bentrok Pemuda Asal Sumba di Kupang

BPS Kota Kupang Siap Laksanakan Survei Sosial Ekonomi Nasional 2023

Senin, 13 Februari 2023 | 19:07 WIB
header img
Kepala BPS Kota Kupang, Ramly K.T Kusumo (duduk tengah) pose bersama peserta usai membuka Pelatihan Petugas Survey Sosial Ekonomi Nasional 2023 - Foto : iNewsSumba.id/ Emi Maunmuti

KUPANG,iNewsSumba.id- Badan Pusat Statistik ( BPS) Kota Kupang mengadakan pelatihan petugas Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang di adakan selama 3 hari yakni dari tanggal 13 sampai 15 Maret 2023 bertempat di hotel Kristal Kupang. Susenas merupakan salah satu survei yang dilaksanakan oleh BPS untuk menghasilkan berbagai macam indikator di bidang Sosial dan Ekonomi seperti pendidikan, kesehatan, pengeluaran rumah tangga dan sebagainya.

Kepala BPS kota Kupang, Ramly K.T Kusumo memaparkan dalam sambutannya, sampel Susenas Maret 2023 terdiri atas 660 rumah tangga.

"Susenas dilaksanakan dua kali setiap tahunnya yaitu pada bulan Maret dan September, untuk Kota Kupang sendiri ada sebanyak 660 rumah tangga sampel dengan petugas survey sebanyak 61 orang yang terdiri dari Petugas Pencacah Lapangan (PCL) 41 orang, dan Petugas pemeriksa/pengawas lapangan (PML) 20 orang," jelas Ramly di hotel Kristal, Senin (13/2/2023).

Tujuan dari pelatihan ini, lanjut Ramly adalah untuk memberikan pemahaman, arahan dan panduan bagi petugas maupun pemeriksa terkait konsep definisi dan metodologi dalam melakukan pengumpulan data, agar sesuai dengan prosedur dan tata cara yang telah di tentukan kepada petugas Susenas Maret 2023, agar dapat melaksanakan pendataan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Adapun survei ini dilaksanakan dengan metode wawancara kepada setiap rumah tangga yang terpilih sebagai sampel pada periode waktu Februari- Maret 2023. Dukungan dan partisipasi masyarakat yang terpilih sebagai sampel Susenas tentunya sangat dibutuhkan dengan cara menjawab pertanyaan sebaik-baiknya agar menghasilkan data yang berkualitas dan membantu pemerintah membangun Indonesia ke arah yang lebih baik.

 

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut