get app
inews
Aa Read Next : Jangan Lewatkan, Besok di Kota Waingapu Ada Karnaval Selebrasi Paskah Oikumene

Cuaca Ekstrem di Sumba Timur Berpotensi Bencana, Forum PRB dan BPBD Angkat Bicara

Jum'at, 06 Januari 2023 | 09:32 WIB
header img
Cuaca ekstrem berpotensi terjadinya ragam bencana alam di Kabupaten Sumba Timur. Plt. Kalak BPBD, Octavianus Takanjanji serukan pentingnya kewaspadaan - Foto : Forum Pengurangan Resiko Bencana Sumba Timur

 

“Forum Pengurangan Risiko Bencana yang merupakan gabungan stakeholder di tingkat kabupaten juga akan menggalang dukungan bagi keluarga terdampak,” timpalnya sembari menegaskan bahwa bantuan darurat yang diberikan sifatnya sementara dan terbatas jumlah dan waktu.


Banjir dampak dari intensitas hujan yang tinggi beberapa hari terkahir rentan terjadi di Kabupaten Sumba Timur - Foto : Forum PRB Sumba Timur

 

“Yang perlu diperhatikan adalah upaya mitigasi ancaman dan mengurangi risiko. Misalnya dengan mengkaji perubahan bentang alam akibat natural atau karena pembangunan pada bantaran sungai yang bisa menyebabkan luapan air ke pemukiman dan lahan perkebunan. Yang berikut misalnya dengan melakukan evakuasi dini bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir dan longsor, termasuk menyediakan early warning system yang memadai di daerah-daerah Rawan bencana. Kewaspadaan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai untuk melakukan kesiap-siagaan juga perlu ditingkatkan,” urainya.

Hal lainnya sebut Anto yang juga perlu diperhatikan adalah peristiwa - peristiwa ini merupakan kejadian berulang. Karenanya sebut dia dampak kerugian maupun kebutuhan tanggap darurat sudah bisa dihitung dengan baik oleh Pemerintah Daerah. Sehingga kapan pun dibutuhkan, bantuan darurat bisa disalurkan secara cepat dengan jumlah yang memadai.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut