Polres Sumba Timur Libatkan Jurnalis untuk Ukur Kinerja & Capaian Program Rerfomasi Birokrasi

Dion Umbu Ana Lodu
.
Kamis, 20 Oktober 2022 | 22:36 WIB
Kegiatan pengambilan data dan pengisian kuisioner untuk penilaian Indeks tata kelola online dari unsur eksternal di aula Mapolres Sumba Tiimur - Foto : Humas Polres Sumba Timur

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id – Tak bisa dipungkiri kini cobaan mendera Kepolisian Republik Indonesia (Polri) paska sejumlah oknum petinggi Polri terlibat dalam kasus yang menjadi perhatian publik. Namun demiikian tidak lantas membuat institusi ini enggan untuk berbenah dan mendengarkan masukan dari pelbagai elemen. Guna mengukur kinerja dan capaian program reformasi birokrasi pihak eksternal juga tetap dilibatkan, hal yang juga dilakukan di kabupaten Sumba Timur, NTT. Demikian paparan Wakoplres Sumba Timur, Kompol Muhamad Arif Sadikin, Kamis (20/10.2022) di aula Mapolres.

Diuraikan Arif Sadikin, masukan yang didasari realita terkait dengan kinerja dan capaian program reformasi Polri,  tentu akan sangat membantu dalam rencana kerja, program pelayanan dan pengabdian.

“Sudah beberapa tahun ini dilakukan penilaian yang diformulasikan dalam Indeks Tata Kelola (ITK). Dan kali ini kami ajak rekan jurnalis untuk membantu dan bekerja sama dengan kami” tandasnya dalam kegiatan pengambilan data responden Indeks Tata Kelola (ITK) online.

Kabag. Perencanaan Polres Sumba Timur, AKP. Ketut Sudina dalam kesempatan terpisah di tempat yang sama memaparkan pentingnya ITK.

“ITK adalah intrumen untuk mengukur kinerja dan capaian program reformasi birokrasi Polri. ITK menjadi landasan bagi pengambil kebijakan berdasarkan bukti dan alat perbandingan kinerja yang obyektif, adil dan akurat berdasarkan tujuh prinsip Good Governace,” papar Ketut.

Lebih jauh Ketut menguraikan indikator dan aspek ITK meliputi kompetensi, responsif, perilaku, transparansi, keadilan, efektifitas dan akuntabilitas.

Follow Berita iNews Sumba di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini