get app
inews
Aa Read Next : Jangan Lewatkan, Besok di Kota Waingapu Ada Karnaval Selebrasi Paskah Oikumene

IKBS Jabodetabek dan Bandung Kini Miliki Ketua Umum Baru

Minggu, 24 Juli 2022 | 13:44 WIB
header img
Panitia dan Pengurus Terpilih IKBS dalam Mubeslub di Jakarta (Istimewa)

JAKARTA,iNewsSumba.id – Ikatan Keluarga Besar Sumba (IKBS) wilayah Jabotabek dan Bandung kini telah miliki Ketua Umumnya yang baru. Hermanus Malo Dona adalah sosok yang dipercaya mengemban amanah itu untuk periode 2022 – 2026 mendatang.

Dalam rilis yang diterima media ini dari panitia Mingggu (24/7/2022) dipaparkan, Hermanus dipercaya memimpin IKBS. Dia dipilih secara aklamasi dalam Musyawarah Besar Luar Biasa (Mubeslub) di Gedung Juang Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (23/7/2022) lalu.

Sebenarnya ada dua calon Ketua Umum yang dijadwalkan ikut serta dalam pemilihan tersebut. Keduanya adalah Hermanus Malo Dona dan Rudy Kabunang. Namun, Rudy Kabunang tidak hadir.

Agustinus Tamo Mbapa  yang biasa disapa Gustaf selaku Pimpinan Sidang mengumumkan, Herman Dona sah sebagai Ketua Umum IKBS (2022-2026”. “Atas restu Tuhan dan persetujuan forum yang terhormat ini, dengan ini kami menyatakan bahwa Bapak Hermanus Malo Dona terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum IKBS,” kata Gustaf.

Kegembiraan dari peserta yang hadir pasca penetapan itu diwarnai dengan kayaku dan kakalaku sahut menyahut, juga pekik kabhuara dan pukulan gong sumba. Sejumlah peserta pun secara spontan menari meluapkan kegembiraan.

“Bagi saya, menjadi Ketua Umum IKBS tidak lain adalah suatu kesempatan dan kepercayaan untuk melayani semua warga IKBS, tanpa membeda-bedakan. Mari kita jadikan IKBS ini sebagai laboratorium peradaban, tempat kita saling menghormati, melayani dan saling mendengarkan. Mari kita urus IKBS ini bersama-sama demi kemajuan kita dan ‘Demi Sumba yang Gemilang’,” tandas Hermanus dalam sambutan perdananya sebagai Ketua Umum IKBS.

Untuk membantu dirinya dalam mengemban amanah itu, Herman umumkan Celestino Reda dan Popa Kadi Wanno sebagai Sekretaris Umum dan Bendahara Umum IKBS.

Dalam acara pembukaan sebelumnya, juga hadir Mujiyono, Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta. Iapun didaulat untuk memberikan sambutannya. Dikatakannya, aspirasi masyrakat Sumba di Jakarta akan diperjuangkan.

“Jakarta menjadi etalase dalam keberagaman, termasuk masyarakat Sumba di dalamnya. Sebagai wakil rakyat, tentu menjadi kewajiban saya memperjuangkan aspirasi masyarakat Sumba di Jakarta," kata Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta ini yang sebelum sambutannya diberiikan selempang kain tenun iikart khas Sumba oleh Plt. Ketum IKBS Agustinus Tamo Mbapa.

Sebelumnya, Plt Ketua Umum IKBS Agustinus Tamo Mbapa meminta anggota IKBS untuk mengawal dan memperjuangkan tiga isu atau persoalan penting yang masih menyimuti masyarakat di Pulau Sumba. Ketiga isu tersebut, yaitu persoalan kemiskinan, stunting atau kurang gizi, dan korupsi.

Hadir pula Ippit Doeana,  perwakilan dari Arsitek Yorry Antar. Komunitas ini dalam waktu yang lama sudah ikut berperan dalam mendukung pelestarian budaya Sumba dari sisi arsitektur. Yorry Antar dan kawan-kawan telah mengambil peran dalam merancang arsitektur dan membangun sejumlah rumah adat Sumba di kampung-kampung adat di Sumba.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Follow Berita iNews Sumba di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut