Zero to Hero, Program Lapas Waingapu dan TP PKK Sumba Timur yang juga Libatkan Pers

Dion. Umbu Ana Lodu
Launching program Zero to Hero Lapas Waingapu dan TP PKK Sumba Timur, penyerahan NIB bagi warga binaan dihadiri Bupati Sumba Timur Khristofel Praing, Ketua TP PKK Merliaty Praing Simanjuntak dan Revanda Bangun, Kalapas Waingapu - Foto kolase : iNews.id

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.id-Zero to Hero merupakan program unggulan Lapas Waingapu dan Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Sumba Timur. Kedua elemen ini berkolaborasi untuk melaksanakan bimbingan serta memfasilitasi warga binaan untuk mengembangkan keterampilan dan nantinya bisa menjadi pribadi yang mandiri.    

Program yang awalnya digagas oleh Kalapas Waingapu, Revanda Bangun dan direspon positif oleh Merliaty Praing Simanjuntak selaku Ketua TP PKK Sumba Timur itu dilaunching Jumat (20/9/2024) pagi lalu. Momentum itu juga dihadiri dan disaksikan Bupati Sumba Timur Khristofel Praing dan sejumlah pimpinan OPD setempat.

“Semua manusia itu sama-sama ciptaan Tuhan yang miliki harkat dan derajat yang sama. Hanya saja warga binaan di sini tersesat. Namun mereka semua ini asset banggsa yang harus kita bina dan berkan kesempatan untuk berubah dan berkarya sehingga bisa berikan manfaat bagi diri, keluarga, juga bangsa dan negara,” tanda Revanda menjelaskan spirit yang melatar belakangi tagline Zeo to Hero yang dilaunching kala itu.

Digandengnya TP PKK Sumba Timur diharapkan bisa membantu memberikan pelatihan, juga fasilitas. Selain itu harap Revanda, bisa memantik keterlibatan elemen atau stake holder lainnya untuk bersinergi ke depannya.

“TP PKK kali ini yang bersinergi dengan kami, juga hari ini kami bersyukur bisa berkolaborasi dengan rekan-rekan media. Karena kami sadar hal positif ini jika diwartakan oleh pers yang berkompten tentu akan berimbas positif juga,” timpal Revanda pada iNews.id sehubungan dengan pelibatan sejumlah wartawan dalam launching kegiatan hari ini dan ke depannya.

Bupati Sumba Timur, Khristofel Praing dalam kesempatan itu juga mengatakan, program yang diluncurkan Lapas dan TP PKK Sumba Timur itu sangatlah positif dan bentuk penghargaan yang tinggi akan harkat dan derajat manusia, sekalipun dalam kondisi yang mungkin dalam keterpurukan. Pengembangan potensi di bidang wirausaha, seperti kerajinan tenun ikat, kata Khristofel bersama kerajinan souvenir, meubeler, dan tata boga akan memberikan manfaat tak hanya bagi oknum warga binaan namun juga Kabupaten Sumba Timur secara lebih luas.

Dalam momen launching program Zero to Hero itu juga dilaksanakan penyerahkan simbolis Nomor Induk Berusaha (NIB) pada perwakilan warga binaan. NIB itu menjadi simbol dukungan pemerintah untuk memfasilitasi warga binaan menjadi wirausahawan mandiri. Selain itu juga diserahkan Sertifikat Penghargaan bagi Individu dan Instansi yang terlibat dalam program itu yang dilaunching yakni sertifikat penghargaan dari Lapas Waingapu kepada Ketua Tim Penggerak PKK Sumba Timur, Merliaty Praing Simanjuntak, Kepala BPS Suma Timur, Saudur Irsani H. Sibaria, Dekranasda Sumba Timur, dan TP PKK Sumba Timur.


Bupati Sumba Timur Khristofel Praing memberikan ciuman hidung (tanda keakraban dan hormat khas Sabu dan Sumba) pada warga binaan Lapas Kelas IIA Waingapu, juga mencermati dan membeli beberapa hasil kerajinan warga binaan - Foto Kolase : iNewsSumba.id

 

Sebaliknya, TP PKK Sumba Timur juga memberikan sertifikat penghargaan kepada Kepala Lapas waingapu, Revanda Bangun dan keluarga besar Lapas Kelas IIA Waingapu. Selanjutnya dilakukan peninjauan hasil karya warga binaan yang dipamerkan. Karya-karya serupa nantinya juga akan dibantu pemasarannya secara lebih luas oleh TP PKK Sumba Timur.

Hasil karya warga binaan banyak yang diminati oleh para pimpinan OPD yang hadir bersama jajarannya. Nampak hadir dalam acara itu diantaranya Kepala Dinas (Kadis) DPMPTSP, Andreas Mulla, Kepala Dinas Transnaker, Yulianus L. Ama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Umbu Maramba Memang, Kepala Dinas Pariwisata, Ida Bagus Putu Punia.

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network