14 Cakada Mendaftar ke KPU, Rekor Tercipta di SBD dan Sumba Tengah

Dion. Umbu Ana Lodu
Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat Daya (SBD) - Foto : istimewa

SUMBA, iNewsSumba.id – Tahapan pendaftaran Pasangan Calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati atau Calon Kepala Daerah (Cakada) di 4 KPU yang ada di Pulau Sumba, NTT pada 27-29 Agustus lalu tak hanya menjadi sejarah namun juga layak mencatat rekor tersendiri.Yaa, untuk pertama kali sepanjang sejarah di Pulau Sumba ada Paslon Perempuan yang mendaftar dan siap bertarung dalam Pilkada baik untuk posisi Bupati maupun Wakil Bupati.

Sejarah baru dan rekor tercatat dari Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD). Dari 3 Paslon yang mendaftar, terdapat satu Srikandi yang mendaftar sebagai Bacalon Bupati. Figur itu adalah Ratu Ngadu Bonnu Wulla yang berpasangan dengan  Dominikus Alphawan Rangga Kaka. Pasangan yang ngetop dengan Paket Ratu-Angga itu mendaftar ke KPU SBD, Selasa (27/8//2024) siang lalu.

Paket Ratu-Angga diusung oleh PDI Perjuangan, Nasdem, Perindo, PKB dan PKS merupakan pasangan politisi yang sudah malang melintang baik di di kancah nasional maupun regional. Ratu Wulla merupakan anggota DPR-RI dari Partai Nasdem sedangkan Angga, anggota DPRD NTT dari PDI Perjuangan.

Pasangan ini akan berkontestasi bersaing merebut warga pemilih SBD dalam Pilkada 27 November mendatang dengan Paslon Fransiskus Marthin Adilalo dan Yeremia Tanggu. Keduanya mendaftar pada Rabu (28/8/2024) dan Pasangan ketiga yakni Agustinus Tamo Mbapa dan Soleman Lende Dappa yang mendaftar pada Kamis (29/8/2024) siang lalu.

Rekor dan sejarah juga tercatat di Kabupaten Sumba Tengah. Kabupaten dengan wajib pilih paling sedikit dibandingkan 3 Kabupaten lainnya di Pulau Sumba itu, justru menelorkan Paslon paling banyak. Di wilayah yang bermottokan Tana Waikanena-Loku Waikalala juga terdapat bacalon perempuan.

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network