Pulang Hadiri Deklarasi Paslon Bupati Sumba Timur, Dump Truck Angkut 44 Orang Terbalik di Laindeha

Dion. Umbu Ana Lodu
Lakalantas maut melibatkan dump trcuk kembali terjadi di Sumba Timur, NTT, Sabtu (24/8/2024) malam lalu. Satu penumpang meninggal dunia, puluhan luka-luka - Foto Kolase : iNewsSumba.id

Lebih jauh dipaparkan Jefry Kotta, berdasarkan hasil olah TKP dan keterangan saksi-saksi, diduga dump truck alami kehilangan momentum saat melewati jalan tanjakan.

“Sopir memindahkan perseneling dari 2 ke perseneling 1 saat mobil berada pada posisi jalan tanjakan,namun gagal, sehingga menyebabkan mesin mobil mati dan rem tidak berfungsi. Akibatnya mobil mundur dan oleh supir, mengarahkannya ke kiri dengan tujuan agar mobil dapat tersandar pada tebing yang berada disisi kiri jalan. Karena jika ke kanan jalan terdapat jurang dengan kedalaman kurang lebih 25  meter. Truck kemudian tersandar ke tebing namun roda belakang masuki selokan, dan kemudian terbalik,” papar Jefry Kotta.

Sebelumnya dalam kesempatan terpisah, Kapolres Sumba Timur mengingatkan bahwa truck atau dump truck bukanlah diperuntukkan mengangkut orang atau penumpang. Namun karena kondisi daerah yang masih sangat terbatas angkutan penumpang yang memadai, truck ataupun pick up sering dipakai untuk mengangkut penumpang. Sehubungan dengan realita itu, pemilik kendaraan sedapat mungkin tidak mengangkut melebihi kapasitas.


Kapolres Sumba Timur AKBP E. Jacky T. Umbu Kaledi dan Kasat Lantas Iptu Jefry Paulus Kotta -Foto : iNewsSumba.id

“Terbatas angkutan penumpang yang memadai di sini. Karena itu masih banyak yang mengangkut penumpang dengan truck, dump truck ataupun mobil pick up. Namun perlu diperhatikan jumlah penumpangnya juga tentu jika sopir lelah atau tidak fit jangan memaksa mengemudikan kendaraan karena berdampak bahaya bagi diri dan juga orang lain,” urai Kapolres Sumba Timur.   

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network