Raih Nilai Tertinggi, Kabupaten Sumba Timur Dapat Penghargaan MCP dari Dit Korpus Wilayah V KPK

Dion. Umbu Ana Lodu
Bupati Sumba Timur Khristofel Praing dan Yulius Marahongu, Inspektur pada Inspektorat Sumba Timur sesaat setelah menerima penghargaan MCP 2023 untuk Kabupaten se Indonesia dengan raihan poin tertinggi oleh KPK melalui Dit. Korsup Wilayah V - Foto : ist

SUMBA TIMUR, iNewsSumba.idBupati Sumba Timur, Khristofel Praing didampingi Yulius Marahongu, Inspektur pada Inspektorat setempat, menerima penghargaan dari  Dit. Korsup Wilayah V ,  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penghargaan itu diserahkan di aula Pemprov  Bali, Kamis (2/5/2024) siang lalu.

Prestasi yang diraih Sumba Timur itu untuk Kategori Kabupaten yang setelah dinilai mendapatkan poin tertinggi dalam Monitoring Center For Prevention (MCP) tahun 2023. Adapun MCP atau pusat pemantauan pencegahan itu mencakup 8 area intervensi.

Kedelapan area instervensi MCP dimaksud yakni, Perencanaan dan penganggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Pengadaan barang dan jasa, Perizinan,  Pengawasan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Selain itu juga Manajemen ASN, Pengelolaan barang milik Daerah, Optimalisasi pajak daerah dan area terakhir yakni tata kelola keuangan desa.

“Prestasi ini bukanlah prestasi orang perorang tetapi oleh semua masyarakat Sumba Timur yang mendukung pelaksanaan pencegahan korupsi iti sendiri dan juga dunia usaha. Sehingga dengannya kita berharap ke depannya sinergitas kolaborasi bisa terus kita tingkatkan,” papar Bupati Khristofel Praing sesaat setelah menerima penghargaan MCP 2023 itu.

Inspektur Inpektorat Sumba Timur, Yulius Marahongu yang saat itu mendampingi Bupati Sumba Timur lebih jauh menjelaskan, kehadiran keduanya di Bali adalah untuk mengikuti rapat koordinasi pencegahan korupsi. Dalam Rakor dimaksud inilah, salah satu kegiatannya yakni pengumuman dan penyerahan MCP 2023 oleh KPK pada Kabupaten Sumba Timur sebagai pencatat poin tertinggi dalam MCP 2023.   

 

Editor : Dionisius Umbu Ana Lodu

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network